7 Tren Teknologi yang Mendominasi 2019

tren teknologi 2019

Styleintech.com – Rasanya sulit sekali terlepas dari teknologi, apalagi kalau kamu tergolong fans die hard perkembangan teknologi. Menilik ke belakang, tidak ada salahnya kita membahas perkembangan teknologi yang akan menguasai tahun 2019. Dengan mengetahui tren 2019, kamu akan dapat merencanakan belanja teknologi dengan lebih bijak dan cermat.

Jadi, kemajuan teknologi macam apa yang terjadi tahun 2019 dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan kita? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Forbes.

Ini Dia 7 Tren Teknologi Tahun 2019

7 Tren Teknologi yang Mendominasi 2019

1. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI)

Algoritma mesin yang dapat memperbaharui dirinya sendiri adalah perwujudan dari kecerdasan buatan. Untuk mengembangkan AI, perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia menggelontorkan dana dalam jumlah besar. AI pun diaplikasikan dalam berbagai produk yang memiliki kemampuan automatized. Simak saja contohnya mobil tanpa supir dari Uber dan Google yang telah dikembangkan sejak bertahun-tahun lalu.

2. Sentralisasi digital atau pemusatan perangkat teknologi lewat satu pusat kendali

Pernah melihat rumah pintar yang bisa semua fasilitas di dalamnya bisa dikendalikan dari satu remot? Misalnya menghidupkan lampu, televisi, mesin penghangat, AC dan lain sebagainya? Kamu bisa mengaktifkan semuanya lewat kendali telepon pintar hanya dengan beberapa kali klik saja.

3. Persiapan transfer data yang lebih kencang dengan koneksi 5G

Apakah kamu sudah cukup puas dengan kecepatan koneksi internet 4G atau LTE? Kalau belum, kamu harus bersiap-siap dengan kehadiran koneksi internet 5G di akhir 2018. Beberapa negara sudah melakukan persiapan untuk menghadirkannya di 2018, termasuk Indonesia. Koneksi 5G diklaim memiliki kecepatan transfer data 10 kali lipat lebih kencang daripada koneksi 4G atau LTE.

4. Pemanfaatan kelebihan data.

Sekarang, setiap perusahaan di dunia telah menyadari kekuatan luar biasa dan komoditisasi data konsumen. Sejak 2018, pengumpulan data akan menjadi prioritas yang bahkan lebih diutamakan dalam berbagai bidang kehidupan. Misalnya dengan konsumen berbicara dengan pengeras suara pintar sepanjang hari mereka, dan mengandalkan perangkat digital untuk sebagian besar tugas sehari-hari mereka. Perusahaan dapat segera memiliki akses ke — dan mulai menggunakan — data pribadi yang praktis tak terbatas. Ini memiliki banyak implikasi, termasuk pengurangan privasi, lebih banyak iklan yang dipersonalisasi, dan mungkin hasil yang lebih positif, seperti algoritma prediksi yang lebih baik misalnya dalam pelayanan kesehatan.

5. Otomatisasi pekerjaan kerah putih.

Apakah pekerjaan Anda kemungkinan akan diganti oleh mesin? Seberapa yakin Anda dengan jawaban itu? AI telah cukup maju untuk mengganti setidaknya beberapa pekerjaan kerah putih selama bertahun-tahun; bahkan pada tahun 2013, kami memiliki algoritma yang dapat menulis artikel berita dasar, memberikan input data yang memadai. 2018 telah menjadi tahun di mana semua manusia akhirnya digantikan oleh robot dengan kecerdasan buatan.

Hampir pasti tidak sepenuhnya, tapi kita akan melihat awal yang baru dari transformasi pekerjaan secara radikal seperti di Amerika Serikat. Naif untuk berpikir bahwa pekerjaan akan sepenuhnya diganti, tetapi mereka akan lebih terotomatisasi, dan kita harus menyesuaikan karier kita sesuai dengan itu.

Baca juga: Review Nokia 7.1, Smartphone Kelas Menengah Terbaik yang Dapat Upgrade OS Pie 9.0

6. Percakapan dengan teknologi informasi yang lancar

Beberapa tahun yang lalu, teknologi pencarian dengan suara telah diterapkan tetapi belum mendapat tempat di masyarakat. Saat ini, pencarian suara mungkin juga sempurna seperti yang ditunjukkan riset terbaru Microsoft.

Microsoft menemukan tingkat kesalahan 5,1 persen pada perangkat lunak pengenalan suara, membuatnya lebih baik dalam mengenali suara daripada transkrip manusia. Demikian pula pembacaan mesin digital terhadap teks dan chatbot yang semakin canggih. Pada tahun 2018, dengan siklus perbaikan ini terus berlanjut, saya membayangkan kita akan melihat manifestasi atau pemantapan percakapan tanpa batas. Kita akan dapat berkomunikasi dengan perangkat pemantau suara yang lebih baik dari cara penggunaan, tanpa gangguan (noise), atau kesalahan interpretasi.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Mendapat OS Android Pie 9.0 Terbaru di Tahun 2019 Nanti

7. Perbaikan user interface

Dengan meningkatnya pengguna teknologi, maka tidak heran perbaikan user interface akan menjadi proyek besar di setiap aplikasi atau sistem pengolahan digital. Perusahaan-perusahaan akan berlomba-lomba membuat user interface yang mempermudah dan menarik pengguna.

Apakah kamu sudah mempersiapkan diri dengan tren teknologi tersebut? Kira-kira apa yang akan kamu lakukan?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password