4 Tools yang Dapat Membantu Anda Menulis Bahasa Inggris Tanpa Harus Kursus

Tools yang Dapat Membantu Anda Menulis Bahasa Inggris

Styleintech.com – Globalisasi saat ini sudah bukan lagi sebuah wacana. Dunia seolah sudah tidak memiliki batas seiring berkembangnya teknologi yang memungkinkan seseorang berkomunikasi lintas negara. Oleh karena itu kita seakan dituntut untuk menguasai bahasa Inggris, yang dianggap sebagai bahasa internasional.

Kita dituntut untuk menguasai bahasa Inggris lebih dari apapun saat ini. Sebagaimana saat kita ingin melakukan transaksi antar negara, atau saat kita ingin menghubungi profesor luar negeri guna menanyakan perihal studi, atau mungkin hal sederhana seperti ingin berkenalan dengan orang luar negeri melalui media sosial.

Namun, seringkali kita merasa minder dan malu seandainya tata bahasa kita berantakan bukan? Akhirnya kita mengurungkan niat untuk menulis pesan kepada orang yang ingin kita hubungi. Nah, jangan khawatir, artikel kali ini akan membahas beberapa tool yang dapat membantu kalian menulis bahasa Inggris dengan baik.

Tools yang Dapat Membantu Anda Menulis Bahasa Inggris

1. Grammarly

Ini adalah tool terbaik untuk membantu kita mengoreksi tulisan kita, mulai dari ejaan, struktur bahasa, sampai pemilihan diksi yang tepat. Akan tetapi, fitur yang terakhir tersebut hanya tersedia untuk yang versi premium. Jadi kalau kita cuma pakai yang versi gratis, kita hanya dibantu untuk mengoreksi ejaan dan tata bahasa (grammar).

Grammarly

Grammarly memiliki beberapa varian. Ada yang berupa aplikasi yang bisa dipasang di Windows dan MacOs. Secara otomatis, nanti akan masuk menjadi plugin di Office Word. Ada juga yang berupa add-on di browser (lebih disarankan pakai browser Chrome atau Firefox). Dengan add-on tersebut, anda akan menemukan icon grammarly di setiap anda ingin menulis sesuatu di browser, seperti di email dan di kolom-kolom tulisan media sosial.

Baca juga : Aplikasi yang bisa Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris Dalam 1 Jam

2. GrammarLookup

Tool yang satu ini berupa situs web, yaitu grammarlookup.com. Ini merupakan alternatif lain selain grammarly yang gratisan. Dengan tampilan antar-muka yang sederhana dan database grammar yang baik, membuatnya sangat direkomendasikan untuk menjadi penyelaras tulisan kita.

3. Ginger Software

Aplikasi ini mungkin bisa dikatakan pengoreksi grammar terbaik yang tersedia luas di pasaran. Dapat dipasang di iOS, Android, Windows, Mac, Safari, Chrome, Firefox. Tidak hanya menjadi penyelaran bahasa saja, bahkan kalian bisa menjadikannya pengganti auto-correct di Smartphone kalian. Kalian bisa memilih gaya Amerika, British, dan Kanada.

Ginger.jpg

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 40 bahasa. Biasanya juga dipakai sebagai pemeriksa plagiarisme. Yang paling hebat dari aplikasi ini, ia tidak hanya bisa mengoreksi kesalahan, tetapi juga bisa menjelaskan kepada kita kenapa itu salah, dan bagaimana seharusnya. Keren bukan?

Baca juga : 5 Aplikasi untuk Pelajar yang Berguna Agar Makin Pintar

4. WhiteSmoke

Tidak jauh berbeda dari Ginger, aplikasi ini juga tersedia di banyak platform, seperti Chrome, Firefox, Edge, Safari, Opera, Windows, Mac, Android, dan iOS. Jika kalian membuat kesalahan grammar, ia akan memberikan penjelasan kepada kalian seperti: kalimat yang tidak lengkap, tidak nyambung, ketidak-sesuaian subjek dengan predikat, dobel negatif, tenses yang tidak sesuai, kesalahan ejaan, huruf kapital, tanda baca, kalimat yang membingungkan, kurang kata.

whitesmoke-english-correction-software-vdfmx.png

Aplikasi ini menyediakan sekitar 55 bahasa, sehingga kalian bisa belajar banyak bahasa. Mengapa demikian? Karena kalian akan dapat melihat penerjemahan setiap kata dari bahasa yang berbeda-beda.

Itulah tadi beberapa tool yang dapat membantu kalian mengoreksi dan sekaligus belajar menulis bahasa Inggris. Dengan semua tool tersebut, kalian bisa menghemat biaya untuk kursus, karena kalian bisa belajar sendiri dengan laptop dan gawai kalian di manapun berada. Tentu saja, tanpa dibatasi ruangan dan waktu. Semoga bermanfaat ya!

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password