Inilah Tips Memilih Motherboard yang Tepat

Inilah Tips Memilih Motherboard yang Tepat

Styleintech.com – Diakui atau tidak, satu kata kunci dari perkembangan teknologi adalah kecepatan. Tidak terkecuali dalam dunia komputasi. Teknologi komputasi menuntut suatu perhitungan algoritma yang sangat cepat dan akurat, sehingga membutuhkan perangkat yang dapat bekerja dengan tuntutan tersebut. Itulah mengapa processor dan kartu grafis komputer menjadi hal paling penting dalam sebuah komputer. Tapi jangan salah, selain dua hal itu motherboard yang baik juga sangat penting untuk mendukung kinerja komputer.

Motherboard terbaik akan membantu komputer kita mencapai potensi dengan sepenuhnya memanfaatkan dan mengoptimalkan perangkat keras komputer kita. Motherboard bahkan dapat memberi processor kita ruang overclocking yang bisa memperluas potensi kinerja komputer.

Itulah mengapa memilih motherboard terbaik itu sangat penting. Karena jika kita membeli motherboard murahan dan tidak sesuai dengan perangkat keras lainnya, kita harus merakit komputer kita dari awal lagi. Hal ini tidak seperti ketika kita ingin memasang kartu grafis. Nah, agar kalian tidak salah pilih motherboard, artikel ini akan memberikan beberapa tips memilih motherboard.

Inilah Tips Memilih Motherboard yang Tepat

Berapa Budget yang Kalian Punya?

Untuk mendapatkan motherboard premium yang mendukung HEDT (High End Desktop) chips seperti  Core X dan Threadripper kalian membutuhkan anggaran antara 1,5jt sampai 4jtan. Berikut sedikit rinciannya:

  • 1jt – 1,5jt : Kalian bisa mendapatkan motherboard overclock untuk chip AMD (bahkan dengan chipset X370 generasi premium) dalam harga kisaran ini. Tetapi untuk Intel, kalian sedikit susah mendapatkannya, meskipun ada seri Z370 yang overclock. Tergantung harga detailnya, kalian dapat menyesuaikannya dengan sejumlah fitur, termasuk Wi-Fi.
  • 1,5jt – 2,5jt : Dengan harga sekian kalian bisa mendapatkan motherboard Intel chipset Z370. Kalian juga bisa memperoleh beberapa motherboard AMD dengan chipset high-end (X470) dan fitur premium seperti lampu RGB dan Wi-Fi.
  • 2,5jt – 3jt : Di kisaran harga ini kalian dapat memilih banyak lampu RGB, heatsink, fase daya yang lebih baik, dan VRM atau modul pengaturan voltase yang penting untuk overclocking yang cukup berat. Kalian juga bisa memilih beberapa pilihan port yang lebih baik, termasuk konektor USB 3.0 / 3.1 Generasi 2.
  • 3jt ke atas : Di atas harga ini kalian dapat memilih spesifikasi komponen-komponen terbaik, heatsink besar dan keren. Fitu overclocking yang ekstrem. Dalam harga ini kalian juga bisa mendapatkan motherboard HEDT untuk CPU dengan jumlah core yang tinggi (Intel Core X dan AMD Threadripper). Untuk Threadripper harganya di atas 4jtan.

Baca juga : 3 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Rakit PC Gaming yang Harus Anda Tahu

CPU apa yang Kalian Gunakan?

CPU yang kalian rancang untuk dipasang akan mempersempit pilihan kalian. Karena soket CPU pada motherboard yang diberikan hanya akan bekerja dengan jalur chip yang sesuai. Misalnya, jika kalian membeli processor Intel Generasi ke-8, kalian membutuhkan motherboard dengan soket LGA 1151 dan soket lain yang dirancang untuk processor kalian.

Ukuran Apa yang Kalian Inginkan?

Ada tiga ukuran motherboard yang umum digunakan untuk komputer modern.

  • ATX : Ukuran standar yang menawarkan ruang paling banyak untuk colokan dan slot.
  • Micro-ATX : Lebih pendek 2,4 inci. Jadi lebih sedikit ruang untuk slotnya.
  • Mini-ITX : Ukurang paling kecil. Hanya memiliki satu ruang kartu grafis tambahan dan sedikit kontektor untuk penyimpanan dan RAM.

1-17.jpg

Baca juga : Masuk Kuliah? Inilah Beberapa Laptop Murah Harga 3jtan yang Sangat Direkomendasikan

Berapa Banyak Slot RAM yang Kalian Butuhkan?

Kebanyakan motherboard saat ini memiliki empat slot RAM, meskipun model Mini-ITX biasanya hanya memiliki dua slot, dan motherboard HEDT high-end biasanya menyediakan delapan slot. Jumlah slot tentu saja membatasi jumlah RAM yang dapat kalian pasang. Namun untuk komputer-komputer gaming, 16GB atau 32GB itu sudah lebih dari cukup. Jadi, dengan dua slot saja, kalian sudah dapat memasang RAM 32GB.

2-15.jpg

Nah itulah tadi beberapa tips memilih motherboard yang tepat. Selain beberapa hal di atas, sebenarnya masih ada beberapa hal seperti masalah jack audio, dan beberapa port yang perlu kalian pertimbangkan. Semua hal itu bergantung pada kebutuhan dan budget kalian. Yang terakhir yang tak kalah penting juga tampilan. Kalian yang ingin memakai box transparant tentu butuh tampilan yang keren bukan? Kalau ada beberapa tips lain, kalian bisa menambahkannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password