Tips Membersihkan Keyboard Gaming yang Benar dan Mudah

Tips Membersihkan Keyboard Gaming yang Benar dan Mudah

Styleintech.com – Keyboard gaming yang sering Anda pakai untuk bermain pastinya tidak lepas dari ancaman debu dan kotoran. Nah, untuk bisa memastikan keyboard gaming Anda tersebut agar tetap nyaman dan handal saat dipakai, maka Anda harus rajin membersihkannya.

Namun sebelumnya perlu untuk Anda ketahui terlebih dulu bahwa, sebetulnya karakter keyboard gaming ini sangatlah berbeda dengan keyboard biasa. Khususnya untuk keyboard mekanikal. Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan pada saat akan membersihkan keyboard gaming Anda. Jangan sampai melakukan kesehatan sebab akan merusak keyboard gaming Anda. Di bawah ini beberapa tips membersihkan keyboard gaming yang bisa Anda lakukan.

Tips Membersihkan Keyboard Gaming yang Benar dan Mudah

Tips Membersihkan Keyboard Gaming yang Benar dan Mudah

Cabun USB keyboard dari PC atau komputer

Sebelum membersihkan keyboard gaming Anda, pastikan dulu semua perangkat seperti PC desktop dan keyboard tersebut sudah dimatikan. Jika sudah, tunggu beberapa saat supaya panas dari mesin turun. Kemudian pastikan Anda sudah mencabut colokan USB keyboard dari PC atau komputer, meskipun PC Anda sudah mati sebab membersihkan keyboard dengan keadaan tersambung pada PC yang masih menyala terkadang akan terjadi konsleting pada keyboard Anda.

Baca juga : Kumpulan Keyboard Gaming Merek Terbaik dan Paling Difavoritkan Gamer

Lepaskan keycap tombol keyboard

Yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan keyboard adalah melepaskan semua keycap keyboard mekanikal Anda. Pakai cap puller untuk melepasnya, atau bila sudah terbiasa Anda bisa pakai jari. Hati – hati saat melepasnya supaya stem tidak patah atau jadi longgar. Jika sudah, bersihkan partikel besar terlebih dulu. Caranya adalah dengan membalikkan keyboard, lalu mengetok – ketok secara perlahan supaya partikel berat yang terselip bisa dibersihkan.

Bersihkan noda atau flek di keycap

Tips Membersihkan Keyboard Gaming yang Benar dan Mudah

Sering sekali Anda menemukan keycap berubah warna menjadi coklat sebab kotoran yang menempel kuat di atasnya. Supaya bisa kinclong lagi, Anda bisa memakai cairan soda untuk membersihkannya. Caranya mudah sekali, yakni dengan mencopot semua keycap dan merendamnya ke dalam cairan soda selama 30 menit. Jika sudah, lap dan keringkan keycap sampai benar – benar kering. Setelah dirasa sudah bersih dan kering, pasang kembali keycapnya pada switch. Hindari cairan masuk ke dalam keyboard supaya tidak terjadi konsleting.

Baca juga : Khusus Gamer Sejati! Inilah 5 Mouse Gaming Terbaik di Dunia

Pakai bahan halus atau tipis

Anda bisa pakai bahan yang ringan untuk membersihkan keyboard gamingmu, misalnya saja dengan pakai kuas, lap, atu tissue. Caranya mudah sekali, pertama bersihkan keyboard dengan kuas secara perlahan, jangan ada yang tertumpuk supaya keyboard gaming Anda bersih dengan maksimal. Apabila dirasa sudah steril, silakan basahi tisu dengan air hangat jangan sampai air menggenang di dalam tisu atau hanya sedikit basah. Usapkan keyboard gaming Anda supaya serbuk yang masih menempel bisa tersapu bersih. Jika Anda punya anggaran lebih silakan berbelanja vacuum cleaner USB untuk membersihkan keyboard gaming yang lebih mudah.

Tips Membersihkan Keyboard Gaming yang Benar dan Mudah

Tak perlu khawatir masalah harga saat membeli vacuum cleaner USB sebab sekarang Anda sudah bisa membelinya dengan cicilan via AKULAKU. Menariknya, setelah AKULAKU resmi meriliskan fitur terbarunya, yakni AKULAKU Kredit Offline, kini Anda juga bisa menikmati layanan pembayaran dengan cicilan tersebut di beberapa toko offline yang sudah bermitra dengan AKULAKU menggunakan sistem scan barcode dan kode OTP.

Memberikan pelindung pada keyboard

Sebaiknya Anda beli pelindung keyboard untuk meminimalisasi masuknya debu ke sela – sela keyboard. Apabila Anda tahu tips membebaskan tuts keyboard, sebaiknya abolisi saja agar pembersihannya lebih maksimal dan lebih bersih pastinya.

Itulah tips membersihkan keyboard gaming yang benar dan mudah bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password