Tips Kenali Aplikasi Palsu di Google Play Store yang Mudah

Tips Kenali Aplikasi Palsu di Google Play Store yang Mudah

Styleintech.com – Anda memang sudah seharusnya lebih berhati – hati lagi saat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, sebab bisa jadi yang Anda unduh tersebut adalah aplikasi palsu. Bisa saja Anda tertipu, sebab aplikasi palsu ini umumnya dibuat semirip mungkin dengan aplikasi asli.

Tahukah Anda kira – kira apa sih ruginya mengunduh aplikasi palsu? Resiko yang paling ringan adalah Anda nanti akan dibanjiri dengan iklan. Parahnya lagi adalah Anda akan menerima malware yang bisa saja mencuri data Anda. Tak sampai di situ saja, aplikasi palsu juga bisa jadi sarana untuk melacak keberadaan Anda. Untuk itu Anda harus melakukan beberapa tips berikut ini untuk menghindari aplikasi palsu atau abal – abal.

Tips Kenali Aplikasi Palsu di Google Play Store yang Mudah

Tips Kenali Aplikasi Palsu di Google Play Store yang Mudah

Memperhatikan hasil pencarian di Google Play Store

Pada saat Anda akan mengunduh aplikasi, Anda biasanya akan gunakan search engine. Silakan teliti hasil pencarian mesin pencari tersebut, apalagi bila Anda temukan aplikasi dengan icon yang sama. Pembuat aplikasi palsu umumnya gunakan icon yang sama dengan aplikasi asli. Mereka akan berusaha keras untuk menipu para korbannya dengan cara tersebut.

Memperhatikan nama aplikasi dan pembuatnya

Ketika menemukan icon yang sama, silakan beralih untuk memperhatikan nama aplikasi tersebut dan pembuatnya. Nama aplikasi umumnya mirip, seperti Swift Keyboard dan Swiftkey. Bisa saja Anda tertipu sebab namanya hampir mirip. Yang harus Anda cek selanjutnya adalah pembuat aplikasi.

Silakan cek jumlah unduhan aplikasi tersebut

Saat Anda ingin mengunduh aplikasi populer, seperti Facebook, Anda bisa dengan mudahnya membedakan nama asli dan yang palsu. Facebook asli pastinya diunduh banyak orang, bahkan bisa jutaan. Maka, jika Anda menemukan aplikasi dengan icon Facebook dan memiliki jumlah unduhan sedikit, apa Anda patut curiga, bisa saja itu aplikasi palsu. Apabila Anda ingin mengunduh aplikasi yang tak terlalu populer, yang demikian ini memang tak terlalu mudah, tapi, yang jelas jumlah pengunduh aplikasi asli lebih banyak daripada aplikasi palsu.

Nah, itulah beberapa tips kenali aplikasi palsu di Google Play Store yang mudah bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

[Form id=”42″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password