Tips Jitu Memperbaiki Android yang Mulai Melambat

Tips Jitu Memperbaiki Android yang Mulai Melambat

Styleintech.com – Untuk Anda nih yang memiliki smartphone Android tentu saja akan sangat menyenangkan sekali, sebab Android kaya akan aplikasi serta fitur. Bahkan, selain bisa mendapatkan beberapa aplikasi di store yang berbayar, anda juga bisa mendapat aplikasi yang bersifat free. Namun, kadang kalanya dikarenakan sangat mudah mengoperasikan serta banyaknya aplikasi yang bagus untuk Android, sehingga banyak orang yang lupa memeriksa memori serta performa dari HP androidnya. Hal tersebut mengakibatkan kinerja Android jadi melambat. Tetapi, anda tak usah khawatir, berikut ada beberapa tips jitu memperbaiki Android yang mulai melambat. Penasaran? Cek ulasannya di sini.

Tips Jitu Memperbaiki Android yang Mulai Melambat

Tips Jitu Memperbaiki Android yang Mulai Lemot

1. Jangan banyak widget

Menggunakan widget yang terlalu banyak, apalagi widget yang ada kaitannya dengan informasi yang akan lebih sering melakukan update pada konten di dalamnya seperti widget cuaca, maka akan semakin memperlambat kinerja smartphone. Tiap widget butuh sejumlah kapasitas tertentu dari RAM Android Anda, sehingga semakin banyaknya widget yang dipasang, maka semakin besar lagi jumlah kapasitas RAM yang digunakan.

2. Tak menggunakan live wallpaper

Live wallpaper ini tentu sangat menarik, sebab menyediakan animasi yang bagus bila digunakan sebagai wallpaper Android Anda. Namun sebenarnya live wallpaper tersebut cukup berat jika dibanding wallpaper biasa yang diam, sehingga ini berpengaruh pada penggunaan kapasitas RAM. live wallpaper akan bergerak dan terus menerus diulang.

3. Menutup aplikasi yang tak terpakai

Kebanyakan pengguna, ketika sedang membuka suatu aplikasi di smartphone, saat ingin keluar dari aplikasi tersebut hanya dengan menekan tombol home. Menurutnya, langkah ini lebih praktis dan lebih cepat dilakukan, tanpa menunggu aplikasi menutup dengan sendirinya. Namun, hal ini ternyata tak membuat aplikasi berhenti berjalan. Ia akan tetap berjalan di latar belakang. Ini tentunya akan menguras kapasitas RAM yang digunakan, serta akan memperlambat kinerja smartphone.

4. Tak menggunakan auto rotate

Fitur satu ini sangat berguna sekali jika Anda sedang ingin melihat aplikasi tersebut secara vertikal maupun horizontal, tetapi jika Anda sedang tak menggunakan hal tersebut, lebih baik matikan saja. Sebab, saat menggunakan fitur ini, smartphone Android Anda akan selalu menyesuaikan bentuk layar sesuai posisi Android Anda.

Demikianlah informasi tentang tips jitu memperbaiki Android yang mulai melambat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tips Menentukan Smartphone Performa Terbaik

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password