Daftar Teknologi Rumah Pintar Berbasis IoT yang Wajib Dicoba

Daftar Teknologi Rumah Pintar Berbasis IoT yang Wajib Dicoba

Styleintech.com – Di era teknologi seperti saat ini internet bukan lagi suatu kemewahan, melainkan sudah menjadi suatu kebutuhan. Hampir segala hal kegiatan kita sehari-hari selalu berhubungan dengan internet. Mulai dari kebutuhan bersosial seperti chatting, sampai kebutuhan individu seperti menikmati musik. Bukan sesuatu yang mustahil jika IoT (Internet of Things) di masa depan akan sepenuhnya terwujud.

IoT atau Internet untuk segala merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Jadi, dengan IoT kita dimungkinkan untuk memiliki kendali atas segala hal hanya melalui perangkat di genggaman kita yang terhubung melalui internet.

Kalian pasti bertanya-tanya, apa saja perangkat IoT yang sudah terwujud sekarang? Nah, artikel ini akan mengupas beberapa teknologi rumah pintar berbasis IoT yang wajib kalian coba di rumah.

Daftar Teknologi Rumah Pintar Berbasis IoT yang Wajib Dicoba

1. Smart Irigation Sprinkler

1-1.jpg

Perangkat pintar pengairan ini dapat memudahkan kalian untuk merawat taman di halaman rumah kalian. Hanya melalui smartphone, kalian dapat menyirami taman tanpa harus repot-repot membuka keran. Jadi, bagi kalian yang punya banyak kesibukan di luar rumah, kalian tidak perlu repot-repot pulang hanyak untuk membuka keran, cukup hanya sekali menyentuh gawai kalian saja.

Kelebihan lain alat ini, kalian juga dapat mengatur seberapa lama waktu penyiraman, kalian juga dapat mengontrol seberapa banyak air yang dibutuhkan taman kalian melalui sensor suhu dan kelembaban yang bisa kalian lihat di smartphone kalian. Dengan demikian, kalian dapat menghemat penggunaan air.

Baca juga : Lampu Pintar Terbaik yang Wajib Dipasang di Rumah bagi Kalian yang Sering Pulang Malam

2. Smart Bulb (bohlam pintar)

2-1.jpg

Secara definisi, smart bulb merupakan lampu LED bohlam yang dapat diatur, dijadwal dan dikontrol jarak jauh melalui jaringan internet. Artinya dengan perangkat ini, kalian dapat mengatur lampu di rumah kalian secara otomatis hanya melalui smartphone kalian. Jadi, kalian yang sering bepergian dari pagi sampai malam, kalian bisa menyalakan lampu rumah tanpa harus pulang.

Bohlam pintar ini adalah salah satu produk teknologi rumah pintar paling sukses yang ditawarkan dalam kategori automasi rumah dan IoT. Dengan algoritma tertentu dan dibantu dengan integrasi Wi-Fi dan jaringan internet, bohlam pintar ini memungkinkan kalian untuk dapat mengatur tingkat kecerahan lampu, bahkan ada juga yang dapat diatur warnanya dengan berdasar pada palet warna RGB, sehingga kalian dapat sewaktu-waktu mengubah suasana ruangan dengan mengubah warna lampu kalian.
Kalian yang ingin tahu beberapa produk bohlam pintar ini, kalian bisa baca di artikel sebelumnya.

Baca juga : Inilah Daftar Kunci Pintar yang Wajib Dipasang Demi Keamanan Rumah Anda

3. Smart Lock Door (kunci pintu pintar)

3-1.jpg

Ada banyak kunci pintar dengan aplikasi seluler yang memungkinkan kalian mengunci dan membuka kunci pintu hanya dengan menyentuh ikon di layar ponsel kalian. Ada juga yang berupa aplikasi web yang memungkinkan kalian mengendalikan kunci pintu rumah melalui laptop atau PC. Pastinya, aplikasi-aplikasi tersebut juga memungkinakan kalian untuk menambahkan pengguna permanen, seperti anak dan istri kalian. Tidak lucu kan kalo pintu rumah cuma bisa dibuka kalian aja.

Ada dua macam kunci pintar, pertama menggunakan jaringan bluetooth dan kedua menggunakan Wi-Fi. Kunci yang menggunakan bluetooth hanya menjangkau kurang lebih 13 meter, sementara yang menggunakan Wi-Fi dapat dikontrol dari manapun selama pintu rumah kalian masih terkoneksi dengan router. Selanjutnya dapat kalian baca di artikel sebelumnya tentang daftar kunci pintar.

Baca juga : 3 Aplikasi Pendukung Smart City di Indonesia Bikin Orang Makin Pintar

4. Smart CCTV (CCTV pintar)

4-1.jpg

Perangkat CCTV pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Saat ini hampir sebagian besar gedung-gedung pertokoan, perkantoran, dan bahkan rumah pribadi, sudah banyak yang menggunakan cctv. Namun sebagian besar CCTV tersebut masih berupa kamera biasa yang hanya dapat merekam gambar. Jadi, untuk dapat selalu mengawasi, kita harus standby terus di depan monitor pengawas.

Bagi kalian yang sering bepergian jauh dari rumah, pastinya tidak bisa selalu berada di depan monitor kan. CCTV pintar ini memungkinkan kalian untuk dapat selalu mengawasi rumah kalian hanya melalui smartphone. Bahkan kalian bisa memutar-mutar CCTV kalian 360 derajat dan memperbesarnya. Selain itu, beberapa CCTV pintar juga dibekali kemampuan untuk mendeteksi gerak-gerik mencurigakan dan kemudian akan mengeluarkan suara alarm.

Itulah tadi beberapa teknologi rumah pintar dengan sistem IoT yang wajib kalian coba di rumah, agar kalian merasa lebih aman dan nyaman tanpa rasa was-was saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Semoga bermanfaat ya!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password