Tinggalkan Gaya Lama Penguncian Mobil dengan Teknologi Ini

penguncian mobil

Styleintech.com – Penggunaan smart key pada mobil saat ini sudah semakin menjadi tren, terbukti dengan banyaknya mobil keluaran baru yang sudah didukung fitur ini. Adapun smart key adalah sistem penguncian mobil yang bersifat keyless nircable yang saat ini semakin menggeser penggunaan kunci kontak konvensional.

Tinggalkan Gaya Lama Penguncuian Mobil dengan Teknologi Ini

Meski terlihat sederhana, namun smart key terbilang sangat fungsional karena memberikan kemudahan pada penggunanya dalam mengoperasikan mobil. Pengendara tidak perlu lagi menyalakan mesin mengeser anak kunci mengikuti pola stop kontak yang ada, cukup dengan soft touch, dan mesin mobil pun akan menyala, persis seperti menggunakan remote. Mekanisme yang sama juga berlaku saat membuka pintu mobil.

Hal ini bisa terjadi berkat teknologi nirkabel yang disematkan pada smart key. Selain itu, dari sisi keamanan juga turut ditunjang dengan memberikan semacam identitas unik untuk masing-masing smart key, seperti RFID sehingga tiap smart key identik terhadap kendaraan masing-masing. Adapun fitur ini merupakan fitur yang hampir bisa ditemui pada setiap mobil premium.

Transisi Teknologi Konvensional ke keyless nircable system

Teknologi smart key untuk pertama kalinya diperkenalkan pada tahun 1998 dan saat ini secara global sudah diadopsi di pasar otomotif Indonesia pada berbagai produk mobil yang ada di pasaran. Setelah teknologi penguncian mobil ini diperkenalkan ke publik, animo masyarakat cukup tinggi terhadap teknologi ini. Pada desain awalnya, ukuran smart key tidak lebih besar dari ukuran kartu kredit saat itu. Saat ini ukuran dari smart key semakin kecil dan tidak memakan banyak tempat di saku.

Dengan menggunakan teknologi nirkabel, fitur ini memungkinkan menyalakan dan mematikan mesin mobil cukup dengan menekan soft key yang terdapat pada smart key. Prinsip kerjanya menggunakan sinyal ke piranti receiver yang terdapat pada mobil. Selain berfungsi menghidupkan mesin mobil, smartkey juga bisa digunakan untuk membuka kunci pintu secara otomatis, hanya dengan menyentuh gagang pintu, jika posisi pengendara berdekatan dengan pintu mobil.

Tinggalkan Gaya Lama Penguncuian Mobil dengan Teknologi Ini

Salah satu mobil kelas premium yang telah menggunakan teknologi ini adalah Toyota All New Fortuner. Penerapan smart key keyless system pada produk unggulan Toyota ini semakin melengkapi fitur keamanan dan kenyamanan berkendara bagi penggunanya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password