Kenali Sistem ABS, EBD, dan BA. Fitur Penunjang Keselamatan Fortunermu!

Styleintech.com – Produsen mobil tentunya sudah menyiapkan fitur-fitur penunjang keselamatan penumpang yang terpasang di masing-masing produknya. Hal ini penting mengingat seringkali kecelakaan lalu lintas terjadi. Rem menjadi salah satu kunci paling penting untuk mencegah mobil Anda ‘ringsek’ akibat kecelakaan yang tidak diharapkan. Tahukah Anda? Ada beberapa sistem yang membantu memaksimalkan fungsi rem mobil. Tiga sistem yang akan dibahas berikut ini adalah Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Anti-lock Barking System (ABS)

Kenali Sistem ABS, EBD, dan BA. Fitur Penunjang Keselamatan Fortunermu

Teknologi ABS awalnya diaplikasikan pada pesawat terbang oleh beberapa perusahaan manufaktur perakit pesawat terbang di tahun 1950an. Lalu pada tahun 1970an beberapa produsen mobil mencoba mengaplikasikan teknologi ini pada produk kendaraan beroda empat. Dan alhasil ABS bisa dinikmati oleh sebagian besar pengemudi mobil sekarang ini.

Fungsi ABS adalah mencegah roda mobil terkunci ketika sedang melakukan pengereman mendadak secara ekstrem. Sehingga mobil masih bisa dikontrol – dibelokkan ke kiri dan ke kanan, ketika Anda menginjak rem secara kencang dan tiba-tiba.

Singkatnya, cara kerja ABS bergantung dari sistem Electronic Control Unit (ECU) dan sensor kecepatan roda yang terpasang di keempat roda mobil. Sensor kecepatan merespon ketika kecepatan turun drastis dan mengirim informasi ke ECU yang kemudian ECU mengaktifkan fungsi ABS secara otomatis.

Electronic Brakeforce Distribution (EBD)

Kenali Sistem ABS, EBD, dan BA. Fitur Penunjang Keselamatan Fortunermu!

Fitur EBD bisa dibilang membantu mengefektifkan kerja ABS. Sesuai namanya, EBD bertugas meratakan penyebaran tekanan rem yang diaplikasikan di tiap roda mobil. Fungsi EBD bekerja berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, dan seberapa berat barang bawaan di dalam mobil. Contoh sederhananya adalah mobil dengan muatan barang yang normal pendistribusian tekanan remnya masih merata dibandingkan mobil yang mengangkut banyak barang. Maka dari itu EBD diaplikasikan agar tekanan rem di tiap roda mobil yang mengangkut banyak barang bawaan tetap stabil dan merata.

Brake Assist (BA)

Kenali Sistem ABS, EBD, dan BA. Fitur Penunjang Keselamatan Fortunermu!

BA juga merupakan fitur yang bekerjasama dengan ABS. Intinya, sistem BA menambah kekuatan tekanan rem secara otomatis ketika berada di keadaan darurat. Canggihnya, fitur BA bisa membaca dan mendeteksi apakah pengemudi hanya mengerem secara normal atau mengerem mendadak.

Pengemudi pasti mengalami kepanikan ketika semisal mobilnya hendak menabrak mobil lain dan secara refleks melakukan pengereman mendadak. BA akan mendeteksi lewat pergerakan kaki yang tiba-tiba berpindah dari pedal gas ke pedal rem. Dan BA akan memberikan tambahan tekanan rem secara maksimal sampai fungsi ABS aktif.

Kabar gembiranga, ketiga fitur di atas sudah tersedia di dalam All-New Fortuner. Jadi, risiko kecelakaan bisa terkurangi dengan bekerjanya tiga sistem yang terintegrasi di dalam All-New Fortuner Anda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password