Siapa Saja Yang Membutuhkan APM?

Siapa Saja Yang Membutuhkan APM

Styleintech.com – Dalam application business model, aplikasi menempati peran yang sangat vital. Untuk menjamin performa aplikasi tetap sesuai dengan standar dan ekspektasi penggunanya, dibutuhkan sebuah tool untuk membantu mewujudkan itu semua. Application Performance Management (APM), inilah tool tersebut. Keberadaan APM pun menjadi sangat penting dalam menunjang proses bisnis. Meski APM sendiri lebih identik dengan IT operations, pemanfaatannya tidak hanya terbatas pada satu departemen saja. Sebagai sebuah utility, pemanfaatan APM telah berkembang hingga ke departemen lain. Berikut siapa saja yang membutuhkan APM.

1. IT Operations

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pemanfaatan APM tidak dapat lepas dari departemen yang satu ini. Hanya saja, APM di sini lebih fokus pada lingkungan aplikasi. Pemanfaatan APM bagi IT operations sendiri tentunya hanya satu, yakni menjaga aplikasi agar berjalan dengan baik.

Siapa Saja Yang Membutuhkan APM

2. Tim Pengembang

Development team atau tim pengembang membutuhkan APM untuk membantu menemukan eror atau bug yang ada di dalam aplikasi. Semua itu tidak lepas dari fungsi utama APM, yakni monitoring dan analisis transaksi dalam sebuah aplikasi. Dengan APM inilah, tim pengembang bisa memperbaiki masalah yang muncul dengan cepat dan mengoptimalkan kinerja aplikasi.

3. Administrator Basis Data

APM juga dapat membantu database administrator dalam menganalisis query. Query yang terlalu sering dieksekusi hingga query yang butuh waktu lama untuk dijalankan, semua bisa diidentifikasi dengan APM.

4. Customer Service

Ada kalanya departemen customer service merasa kesulitan dalam memastikan permasalahan yang dialami oleh pengguna. Namun dengan APM, mereka bisa melakukan identifikasi awal permasalahan dan menenangkan pengguna. Lebih jauh lagi, customer service bisa melanjutkan keluhan tersebut ke divisi IT.

Siapa Saja Yang Membutuhkan APM

5. Marketing dan Sales

Untuk memasarkan produknya atau memikat calon pengguna aplikasi, divisi marketing dan sales membutuhkan data dan informasi yang bisa diandalkan. APM menyediakan data-data tersebut. Lebih dari itu, data-data yang diberikan juga mudah dipahami bahkan oleh divisi non-teknis sekalipun.

6. Eksekutif dan Pemilik Aplikasi

Eksekutif dan pemilik aplikasi tentu ingin mengetahui perkembangan aplikasinya dan memastikan semua berfungsi dengan baik. Dengan APM inilah, mereka dapat mengetahui itu semua dan menentukan arah bisnis dengan lebih baik.

Itulah siapa saja yang membutuhkan APM. Mengingat begitu vitalnya APM, memilikinya adalah suatu keharusan, terlebih bagi perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi. Namun APM juga harus mudah digunakan. Data yang disajikan juga harus mudah dipahami oleh orang non-teknis sekalipun. JENNIFER APM mampu menjawab semua kebutuhan tersebut. Dengan dua fitur utamanya, yakni active service dan X-View, JENNIFER akan membawa bisnis aplikasi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password