SIAP Kembali Buka Pendaftaran Untuk Startup di Bidang Sosial Tahun 2018

SIAP Kembali Buka Pendaftaran Untuk Startup di Bidang Sosial Tahun 2018

Styleintech.com – Seiring dengan perkembangan zaman maka semakin berkembang pula teknologi informasi yang ada. Hal tersebut bisa dilihat pula pada perkembangan startup bidang sosial di Indonesia yang cukup maju. Namun sayangnya, laporan yang dirilis oleh Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) menyatakan bahwa pada tahun 2017 sekitar 80% dari penggiat tidak bertahan lama.

Alasan utama mengapa tidak bisa bertahan lama adalah karena para startup masih mengalami kesulitan untuk melakukan validasi bisnis, serta bagaimana menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar yang ada. Hal tersebut menyebabkan startup menjadi kesulitan dalam menerima pendanaan dari investor, baik dalam negeri maupun global investor. Terlebih lagi jika mengingat kondisi Indonesia yang tidak memungkinkan, seperti sangat kurang atau minimnya kisah sukses dari sebuah startup di bidang sosial yang sukses dan dijadikan bahan rujukan.

Tidak hanya itu, permasalahan juga bisa timbul dari kurangnya jejaring, sumber pendanaan, akses pengetahuan, jiwa kewirausahaan maupun belum terbentuknya ekosistem wirausaha sosial yang layak atau kurang memadai. Sehingga menyebabkan para pendiri startup sosial menjadi kesulitan dan tidak bisa berkembang.

Untuk mengatasi itu semua, maka William Hendradjaja selaku Co-Founder Impact Hub Jakarta bersama dengan Aldi Ulaan dan Aghnia Banat berinisiatif untuk menyelenggarakan program Social Innovation Acceleration Program dan kembali membuka pendaftaran untuk startup di bidang sosial tahun 2018. Ingin tahu bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak ulasan berikut ini.

SIAP Kembali Buka Pendaftaran Untuk Startup di Bidang Sosial Tahun 2018

SIAP Kembali Buka Pendaftaran Untuk Startup di Bidang Sosial Tahun 2018

Social Innovation Acceleration Program merupakan sebuah program edukasi dan juga inkubasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kapasitas founder startup sosial. Tidak hanya itu, acara tersebut diharapkan mampu untuk mengembangkan kemampuan melalui dua program utama, seperti Social Enterprise Development (SED) Bootcamp dan juga Advancement Stage.

SED atau Social Enterprise Development Bootcamp ini merupakan sebuah program pendidikan atau mentoring, dimana akan dilangsungkan secara intensif untuk para partisipan selama kurang lebih dua bulan. Dalam program ini, para founder memiliki kesempatan untuk mendapatkan hands-on mentoring, networking dan juga mengakses kerja sama dengan stakeholder maupun global investor di bidang sosial seperti NGO.

SIAP Kembali Buka Pendaftaran Untuk Startup di Bidang Sosial Tahun 2018

Setelah melewati dan lulus program bootcamp tersebut, Social Innovation Acceleration Program akan mengurasi 3 startup untuk masuk ke dalam Advancement Stage dengan beberapa program yang cukup menarik, yaitu product development, network enhancement dan impact assessment

Baca juga : Startup Challenge NTT Communication Siap Kembali Kunjungi Indonesia, Tertarik Mengikutinya?

Pada batch pertama Social Innovation Acceleration Program akan menginkubasi kurang lebih 10 startup, yaitu yang terdiri dari iBeasiswa, Venambak, Obabas, SecondChance WarungKebunku, SehatMental.id, PiBo, SiPanen, dan juga LeloqBelu. Antusiasme yang sangat baik dari seluruh penggiat startup di Jakarta membuat Social Innovation Acceleration Program untuk kembali membuka pendaftaran dalam program SED Bootcamp batch kedua pada tanggal 11 Agustus – 22 September 2018 mendatang.

SIAP Kembali Buka Pendaftaran Untuk Startup di Bidang Sosial Tahun 2018

Baca juga : Mengunjungi RITECH EXPO 2018, Tech Exhibition Terbesar di Indonesia

Pada batch kedua, program tersebut dibuka untuk 30 startup yang khusus bergerak di bidang pertanian, kesehatan dan juga pendidikan. Nantinya akan ada mentor yang berpengalaman pada setiap sesinya, yaitu 14 mentor yang terdiri dari Aria Widianto selaku VP Strategy & Partnership Amartha, Iqbal Hariadi (Head of Marketing Kitabisa.com), Dimas Pramudya (Internal Growth GO-JEK), Dondi Hananto (Partner Patamar Capital) dan juga Afifa Urfani selaku Chief Marketing Crowde.

Demikian ulasan singkat mengenai Social Innovation Acceleration Program yang siap untuk kembali membuka pendaftaran startup di bidang sosial tahun 2018. Bagi para startup yang berminat, pendaftaran bisa dilakukan melalui tautan berikut ini bit.ly/batch2siap. Tertarik untuk mengikutinya? kembangkan usaha starup anda agar bisa lebih banyak meraup keuntungan. Semoga informasi yang sudah dibagikan di atas dapat bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password