Samsung Galaxy S8: Waktu Rilis, Bocoran Harga dan Spesifikasi

samsung galaxy s8

Samsung memang belum memberikan isyarat kapan bakal merilis smartphone flagship berikutnya, yakni Galaxy S8. Di ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2017 pun vendor smartphone Korea Selatan itu tampaknya tidak akan melakukan peluncuran produk, karena hingga kini belum ada undangan peluncuran.

Akan tetapi, bocoran terbaru dari sumber internal Samsung mengatakan kapan Galaxy S8 tersebut akan dirilis, khususnya di Indonesia. Menurut Lee Kang Hyun selaku Vice President Samsung Indonesia, smartphone ini akan dirilis di Indonesia pada April 2017 mendatang.

“Sekitar April akan keluar Galaxy S8 di Indonesia, kan memang buatnya (perakitan) memang di sini (Indonesia),” ungkap Lee di sela acara Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum yang bertempat di Jakarta pada Kamis (19/1/2017) lalu.

“Kalau perilisan global mungkin lebih dulu, tapi saya belum tahu tanggal pastinya,” tambahnya.

Perilisan  di Indonesia sendiri biasanya dilakukan setelah ponsel telah melalui beberapa sertifikasi, salah satunya dari Ditjen Postel, Kemenkominfo. Menurut Lee, pengurusan sertifikasi di Indonesia biasanya dilakukan selang sebulan setelah peluncuran global.

Jadi, dapat diartikan bahwa Samsung Galaxy S8 bakal diluncurkan secara global oleh Samsung pada Maret 2017.

Lee juga menjanjikan, bahwa Galaxy S8 nantinya akan memiliki berbagai fitur canggih. Sayangnya, dia enggan memberikan informasi yang rinci mengenai fitur apa saja yang ia maksud.

“Sekarang banyak yang tidak mau menukar Galaxy Note 7 karena memang bagus, tapi Galaxy S8 bakal lebih bagus,” jelasnya.

“Soal fiturnya seperti apa, ditunggu saja, karena saya tidak bisa menyebutkannya sekarang,” tambah Lee.

Pada perilisannya di Indonesia nanti, Lee memperkirakan bahwa smartphone ini akan memiliki harga mencapai lebih dari Rp 10 juta. Namun ia belum memastikan berapa tepatnya.

“Harga di atas 10 juta, tapi belum tahu akan jual berapa tepatnya nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya, bocoran mengenai tampilan dan spesifikasi Samsung Galaxy S8 telah banyak beredar. Salah satunya yang berasal dari jejaring sosial Weibo di China yang memperlihatkan sosok smartphone berwarna emas yang disinyalir tak lain merupakan Galaxy S8.

Baca juga : Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy A3, A5, dan A7 2017

Perangkat dengan layar melengkung itu terlihat tak memiliki tombol home, serta nyaris tak berbingkai di sisi kiri dan kanan.

Logo “Samsung” tertulis di bawah panel display, tepat di posisi tombol home pada perangkat pendahulunya. Namun, masih banyak yang meragukan keaslian foto tampilan Galaxy S8 ini.

Sementara itu menurut Phone Arena pada Selasa (31/1/2017), dalam laporan baru disebutkan bahwa Galaxy S8 memiliki desain dual layar melengkung tanpa bezel. Lalu ada tombol power dan dua tombol volume di sisi kiri perangkat.

Sedangkan, di sisi kanannya terdapat sebuah tombol yang berfungsi mengaktifkan fitur AI yang disebut Bixby. Sebuah kamera dengan flash dan pemindai sidik jari bertengger di bagian belakang ponsel.

Untuk spesifikasinya, Galaxy S8 dikabarkan akan dilengkapi layar Super AMOLED 5,8 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, chipset Snapdragon 835, RAM 4/6GB, dan memori internal 64GB. Selain itu juga ada port USB Type-C, jack earphone 3,5mm, serta memiliki sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu.

 

Sumber : kompas.com

2 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password