QTrobot, Robot Kecil yang Bisa Bantu Terapi Anak Penderita Autis

QTrobot, Robot Kecil yang Bisa Bantu Terapi Anak Penderita Autis

Styleintech.com – Berbicara soal robot memang selalu menarik untuk selalu diikuti. Pasalnya saat ini banyak sekali jenis robot yang dihadirkan dengan inovasi terbaru dan kemampuannya yang sangat luar biasa. Robot-robot tersebut dihadirkan untuk memudahkan manusia dalam banyak hal, mulai dari membantu pekerjaan yang sulit atau bahkan sebagai alat terapi untuk sebuah penyakit.

Baru-baru ini sudah beredar kabar mengenai salah satu robot kecil yang unik dan canggih yang memiliki kemampuan sebagai penerapi anak penderita autis. Robot tersebut bernama QTrobot yang memang diciptakan khusus untuk membantu terapi anak penderita autis. Robot ini sendiri sudah diperkenalkan di akhir bulan Agustus kemarin. Penasaran bagaimana kemampuannya dalam menerapi anak autisme? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

QTrobot, Robot Kecil yang Bisa Bantu Terapi Anak Penderita Autis

QTrobot, Robot Kecil yang Bisa Bantu Terapi Anak Penderita Autis 1

Sudah melalui tahap pengujian, QTrobot ini memang memiliki kemampuan untuk membantu terapi anak autisme. QTrobot sendiri diciptakan oleh tim peneliti dari Universitas Luksemburg. QTrobot ini juga merupakan spin-off dari karya Luxia yang memang digarap oleh tim peneliti ini.

Ini merupakan penemuan terbaik dan sangat bermanfaat untuk dunia, mengingat anak yang menderita autis cukup tinggi di seluruh dunia. Untuk memperkenalkannya ke masyarakat luas, mereka mengikutkannya dalam konferensi RO-MAN 2018 yang diadakan akhir bulan Agustus 2018 kemarin. Melalui konferensi ini, tim peneliti atau penemu mempresentasikan bagaimana cara kerja QTrobot sebagai pembantu terapi terhadap anak penderita autis.

Baca juga : 4 Jenis Robot Pembersih Rumah Paling Canggih di Dunia

Cara Kerja Qtrobot untuk Terapi Anak Penderita Autis

QTrobot, Robot Kecil yang Bisa Bantu Terapi Anak Penderita Autis 2

Pasti kamu masih bingung bagaimana bisa sebuah robot menerapi anak penderita autis. Sedangkan kita sebagai manusia saja sangat susah untuk mengajarkan atau berinteraksi dengan anak autisme ini. Inilah yang menjadi kelebihan dari QTrobot yang merupakan penemuan terbaru dan paling canggih.

QTrobot disini bertindak sebagai penghubung antara terapis atau orang tua dengan anak yang menderita autisme. QTrobot ini sendiri memiliki kemampuan spesial untuk menciptakan interaksi segitiga antara orang tua robot dan juga anak. Nantinya anak autis akan lebih mudah memahami atas interaksi yang dilakukan oleh orang tua atau terapis dengan penengahnya adalah robot QTrobot.

Ketika seorang terapis atau orang tua menempatkan QTrobot diantara keduanya, maka mulailah anak mencoba melakukan interaksi dengan menanyakan mengenai robot tersebut. Atau juga nantinya akan terjadi umpan balik mengenai perilaku dari robot tersebut. Lambat laun anak autis akan mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.

QTrobot, Robot Kecil yang Bisa Bantu Terapi Anak Penderita Autis 3

QTrobot ini sendiri dilengkapi dengan wajah LCD, dimana melalui komponen ini akan membantu anak autis yang kewalahan dengan kontak manusia akan dipermudah dan nyaman dalam pengaturan terapeutik. Tak hanya itu saja, QTrobot juga sudah dilengkapi dengan kamera 3D serta prosesor penuh untuk mendukung seluruh kinerja yang dilakukannya.

Baca juga : 3 Robot Paling Mematikan yang Bisa Memusnahkan Manusia

Menggunakan QTrobot untuk alat terapi anak penderita autis juga cukup mudah, karena robot tersebut diciptakan untuk lebih mandiri dan juga lebih mudah untuk dilakukan program. Penggunaannya selama berjam-jam juga memungkinkan untuk orang tua atau terapis lakukan.

Penggunaan QTrobot juga lebih efektif dan optimal untuk terapi anak autis dibandingkan dengan tablet dan juga aplikasi. Terlebih lagi Qtrobot ini sendiri diciptakan khusus oleh para peneliti yang pastinya sudah memikirkan matang-matang mengenai kegunaannya. QTrobot kabarnya bisa membantu mengurasi kecemasan yang dialami oleh anak autis sehingga mereka lebih tenang.

Menurut para peneliti, QTrobot tidak bertugas sebagai fokus dari terapi anak autis, tapi justru menjadi penghubung terbaik antara penerapis dengan anak penderita autis. Penggunaannya juga cukup efektif untuk langkah pembelajaran untuk anak autisme. Menurut kamu, apakah robot semacam ini benar-benar layak untuk diproduksi secara global?

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password