Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif yang Perlu Diketahui

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif yang Diketahui

Styleintech.com – Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah mendengarkan musik. Musik tidak hanya bisa membuat diri lebih terhibur, tapi juga bisa menjadi sarana untuk meluapkan perasaan yang sedang dirasakan waktu itu juga. Tapi demikian, mendengarkan musik tentunya tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan kualitas audio yang bagus. Untuk mendapatkan sensasi tersebut, kita bisa memanfaatkan speaker sebagai perangkat output suara.

Speaker sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni speaker aktif dan juga speaker pasif. Meskipun sama-sama speaker keduanya berbeda jika dilihat dari segi penggunaannya. Mungkin sebagian dari kamu masih bingung atau belum tahu mengenai perbedaan speaker aktif dan pasif. Untuk mengetahui jawabannya, bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif yang Diketahui

Di pasaran banyak dijual speaker aktif maupun speaker pasif dengan harga yang bervariasi. Tapi yang akan dibahas disini bukan soal harga atau merek dari speaker, melainkan perbedaan speaker aktif dan pasif. Sebenarnya perbedaan dari keduanya sangat mencolok, tapi memang masih ada saja yang masih bingung membedakan keduanya. Perbedaan keduanya bisa dilihat dari 3 aspek, antara lain:

Perbedaan dari segi dimensi dan power

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Perbedaan speaker aktif dan pasif yang pertama bisa dilihat dari ukuran dimensi keduanya. Untuk speaker aktif biasanya memiliki ukuran dimensi yang lebih besar dan juga berat. Ini dikarenakan di dalam speaker aktif terdapat perangkat tambahan yang memungkinkan speaker ini langsung bisa digunakan tanpa penambahan perangkat lagi. Atau kata lainnya, speaker aktif merupakan speaker instan yang langsung bisa digunakan. Selain itu, terdapat pula power yang langsung masuk ke dalam speakernya.

Sementara untuk speaker pasif ukurannya lebih kecil dan ringan. Tidak ada tambahan power dan juga perangkat lainnya, hanya sebuah speaker dan juga alat inputnya.

Baca juga : Suara Menggelegar! 5 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik 2018

Perbedaan dari segi setting dan hasil suara

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Selanjutnya perbedaan speaker aktif dan pasif dilihat dari segi pengaturan suara dan juga hasil yang diberikan. Untuk speaker aktif biasanya pabrikan sudah memberikan alat pengatur suaranya dan dikondisikan sedemikian rupa untuk bisa disesuaikan oleh pengguna. Sementara untuk hasil suaranya sangat bagus dan menggelegar, membuat pendengarnya semakin termanjakan.

Sementara untuk speaker pasif sendiri pengaturan suara hanya bisa dilakukan melalui perangkat power atau ampli. Sebagai penyalur suara ini sendiri melewati perantara kabel, sehingga yang demikian ini dapat menyebabkan penurunan kualitas suara yang dihasilkan. Harus pintar-pintar dalam menentukan panjang kabel agar suara yang dihasilkan tetap stabil.

Baca juga : Rekomendasi Speaker Aktif Terbaik di Dunia Harga Dibawah 2 Jutaan 2018

Perbedaan dari segi kontrol

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Pada speaker aktif biasanya sudah dibekali dengan tombol fisik untuk mengatur besar kecilnya suara pada bagian speakernya. Sehingga untuk melakukan pengecilan atau pembesaran suara pengguna harus menghampiri speakernya.

Hal ini tidak akan terjadi pada speaker pasif, karena pusat kontrol tidak ada pada fisik speker melainkan berada pada ampli. Untuk melakukan pengaturan suara pengguna hanya perlu menyesuaikan pada ampli, tidak perlu menghampiri speaker.

Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan speaker aktif dan pasif? Dapat disimpulkan speaker aktif adalah speaker instan yang mana sudah bisa langsung digunakan tanpa disibukkan dengan penambahan ampli dan juga instalasi kabel. Sementara untuk speaker pasif sebaliknya, kamu masih perlu ampli sebagai penyalur suara dan kabel sebagai perantaranya.

Jika hanya untuk kebutuhan sehari-hari, jenis speakar yang paling direkomendasikan untuk dipilih adalah speaker aktif. Banyak sekali brand atau merek yang menyediakan speaker aktif, tentunya dengan harga yang bervariasi. Semakin bagus kualitas speaker, semakin mahal juga harga banderolnya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password