Mengenal Perbedaan Halogen, HID, dan LED. Headlamp Mobilmu Pakai yang Mana?

Mengenal Perbedaan Halogen, HID, dan LED. Headlamp Mobilmu Pakai yang Mana

Styleintech.com – Menyoal headlamp mobil sungguh rasanya selalu menjadi bahan perbincangan antar penggemar otomotif yang selalu menarik. Bicara lebih dalam mengenai headlamp, jenis apa saja sih bohlam yang dipakai? Kalau kalian pernah mendengar istilah halogen, HID, atau bahkan LED, apa saja sih perbedaannya? Lalu mana yang paling bagus dan canggih di antara ketiga bohlam tersebut? simak ulasan singkatnya berikut ini!

Halogen

Headlamp

Sebelum halogen, teknologi bohlam yang dipakai bernama Tungsten. Tungsten adalah headlamp elektrik mobil pertama yang mengandung filamen dan inert-gas atmosphere. Namun pemakaian Tungsten tidak berlangsung lama karena cahaya yang dipancarkan dirasa kurang terang. Ditambah Tungsten membuat permukaan filamen cepat hangus dan menghitamkan kaca bohlam. Maka dari itu hadirlah Tungsten-halogen, perkembangan dari Tungsten yang menambah efektifitas cahaya yang dipancarkan. Tungsten-halogen ini yang kemudian disebut-sebut sebagai headlamp halogen bulp atau lampu halogen. Tungsten-halogen beroperasi pada temperatur filamen yang lebih tinggi daripada Tungsten sehingga memperlama umur bohlam dengan kualitas cahaya yang terjaga. Produk Tungsten-halogen pertama yang dibuat pada tahun 1962 adalah lampu H1. Dan kemudian terus berkembang sampai terbentuk model HB1-HB5 pada tahun 1980an.

High-Intensity Discharge (HID)

Headlamp

HID pertama kali Berbeda dengan halogen, HID memancarkan cahaya bukan dari filamen melainkan electric arc. Cahaya dengan intensitas tinggi yang dipancarkan electric arc berasal dari senyawa metallic salt yang menguap di wadah arc tersebut. Dan kualitas cahaya yang dihasilkan HID dirasa lebih baik daripada halogen karena electric arc tersebut. HID juga terkadang disebut Xenon Headlamp karena terdapat kandungan gas Xenon pada metal-halide di dalam HID. Cahaya yang dipancarkan HID berwarna kebiruan dan memberi kesan mewah yang berbeda dibandingkan dengan halogen.

Light-Emitting Diodes (LED)

Headlamp

Teknologi Headlamp LED mulai ditemukan dan bertembang pada abad 21 ini. LED menggunakan teknologi dioda yang menjadi sumber cahaya. Banyak mobil kelas mewah keluaran tahun 2000 ke atas seperti BMW, Audi, sampai Toyota sudah menggunakan LED pada headlampnya. Keunggulan utama LED dibandingkan pendahulunya – Halogen dan HID – terletak pada konsumsi listriknya. LED lebih hemat dalam mengonsumsi daya listrik, umur yang lebih panjang, dan kualitas yang lebih baik dibandingkan Halogen dan HID. Maka tidak heran jika mobil-mobil keluaran baru sudah dipersenjatai dengan headlamp berteknologi LED.

Sudah lumayan mengerti kan perbedaan kualitas dari ketiga jenis bohlam tersebut? Tentunya, All-New Fortuner sudah dilengkapi teknologi LED pada headlampnya. Jelas hal ini menambah kesan eksotis dan mewah. Ditambah ada fitur BI-Beam LED pada All-New Fortuner Anda. Singkatnya, Bi-Beam LED menggabungkan lampu jauh dan lampu dekat dalam satu proyektor sehingga menambah intensitas cahaya yang dipancarakn Fortuner Anda. Maka dari itu, All-New Fortuner sudah pasti menjadi pilihan yang tepat untuk teman berkendara Anda!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password