Penyebab Baterai Smartphone Meledak

Penyebab Baterai Smartphone Meledak

Styleintech.com – Hingga saat ini, tercatat ada beberapa insiden meledaknya smartphone. Bahkan nama besar seperti Apple dan Samsung juga tak lepas dari insiden ini. Meski saat ini insiden seperti ini relatif lebih jarang dijumpai, sebagai pengguna tentu kamu pernah bertanya-tanya. Bagaimana baterai smartphone bisa meledak? Agar kamu aman dari insiden serupa, ketahui beberapa penyebab baterai smartphone meledak berikut ini. Bagi kamu yang ingin mencari berbagai asesoris smartphone, Akulaku bisa membantumu.

1. Penggunan Charger Non-Original

Dari beberapa insiden meledaknya perangkat iPhone, ditemukan bahwa sebagian besar insiden tersebut diakibatkan oleh penggunaan charger non-original. Meski jumlahnya jauh lebih sedikit, kasus serupa juga ditemukan pada beberapa smartphone Android. Hal ini membuat penggunaan charger non-original berharga murah tak hanya berisiko merusak smartphone. Dalam beberapa situasi, ini juga bisa membahayakan penggunanya.

Penyebab Baterai Smartphone Meledak

2. Panas Berlebih karena Penggunaan yang Berlebihan

Menggunakan smartphone untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama tak hanya membuat temperatur smartphone meningkat. Dalam kondisi paling ekstrem, peningkatan suhu ini juga bisa memicu reaksi pada baterai smartphone hingga menyebabkannya meledak.

3. Menggunakan Baterai Kualitas Rendah

Baterai kualitas rendah juga kerap menjadi momok penyebab baterai smartphone meledak. Baterai seperti ini biasanya ditemukan pada baterai non-original. Demi memangkas biaya penggantian komponen, tak sedikit pengguna yang memilih untuk menggunakan baterai kualitas rendah.

Perlu diketahui, setiap smartphone membutuhkan baterai dengan spesifikasi tertentu. Jika dipaksa menggunakan baterai yang tidak sesuai, resiko baterai meledak dipastikan akan semakin tinggi.

4. Kebiasaan Menggunakan Smartphone saat sedang Mengisi Baterai

Penyebab Baterai Smartphone Meledak

Menggunakan smartphone saat sedang mengisi baterai, mungkin ini terlihat biasa bahkan banyak yang melakukannya. Perlu dicatat, ada beberapa insiden baterai meledak yang disebabkan oleh kebiasaan ini. Vendor smartphone juga merekomendasikan untuk tidak menggunakan smartphone saat sedang mengisi baterai.

Kamu bisa menghindari insiden yang tidak diinginkan dengan menghindari hal-hal di atas. Penggunaan charger, baterai dan power bank juga harus hati-hati. Untungnya, kini kamu bisa menemukan produk-produk berkualitas di Akulaku. Bahkan lebih dari itu, belanja apapun kini bisa dengan cicilan. Mau bukti? Yuk, download aplikasi Akulaku sekarang juga. Dapatkan juga voucher senilai Rp 700 ribu dari Aidia Network cukup dengan memasukkan kode promo AIDIA1.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password