Ngeri! Ini 4 Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

Ngeri! Ini 4 Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

Styleintech.com – Gaya hidup masyarakat memang dirasa semakin modern. Tak lain karena pengaruh dari berkembangnya teknologi dan juga bidang – bidang lainnya. Contoh sederhananya adalah perkembangan smartphone. Semakin menjadi kebutuhan utama untuk bisa memenuhi keinginan masyarakat dalam mendapatkan hal – hal serba instan. Tidak hanya berkomunikasi, smartphone bisa membuat kita menjangkau banyak hal meski hanya dalam genggaman. Hal ini lah yang dirasa membuat banyak orang makin kecanduan dalam menggunakan smartphone. Padahal ada beberapa penyakit berbahaya akibat terlalu sering menatap layar smartphone.

Mata kita bekerja terlalu keras. Bahu dan juga otot di area sekitarnya menegang. Sadar atau tidak, hal ini akan mempengaruhi bagaimana kondisi tubuh kita. Sering merasa lelah dan membutuhkan waktu untuk istirahat dari aktivitas yang melibatkan peralatan elektronik. Salah satu cara sederhana agar mata kita bisa kembali segar adalah dengan mengambil jeda ketika sudah 2 jam menatap layar smartphone atau laptop.

4 Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

1. Penglihatan yang Terganggu

Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

Salah satu indera yang berhubungan langsung dengan smartphone adalah mata kita. Berlama-lama dalam menatapnya dan memainkan smartphone hanya akan membuat penglihatan makin terganggu. Kondisi ini disebut dengan CVS atau gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk bisa mencegah hal buruk yang terjadi, kurangi durasi untuk pemakaian smartphone. Hindari menggunakannya di tempat yang gelap atau kurang pencahayaan. Karena memaksakan mata untuk melihat smartphone saat kondisi gelap hanya akan memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat dari biasanya.

Baca juga : Ini Dia Aplikasi Smartphone yang Berbahaya Bagi Anak-Anak

2. Sakit Kepala

Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

Penyakit berbahaya akibat terlalu sering menatap layar smartphone berikutnya adalah sakit kepala. Akibat posisi leher yang salah serta otot mata yang terus menerus menegang terutama saat melihat layar smartphone dalam waktu yang lama. Kemungkinan terburuknya adalah terkena rabun jauh. Untuk meminimalisir hal tersebut, istirahat yang cukup dan kurangi aktivitias mengoperasikan smartphone serta usahakan bahwa jarak mata dan smartphone tidaklah terlalu dekat. Jarak idealnya adalah kurang dari 20 cm. Dengan demikian, kesehatan mata akan lebih terjaga dan kepala pun tak akan lagi terasa sakit.

3. Kelainan Postur Tubuh

Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

Terlalu lama menatap layar smartphone hanya akan membuat kita  mendapat dampak buruknya. Terutama saat posisi badan tidaklah tepat atau benar. Misalnya saja menggunakan smartphone sambil duduk terutama dengan posisi tulang belakang yang terlalu membungkuk ke depan. Kelainan lainnya biasanya akan ditemui pada mereka yang berusia antara 40 hingga 50 tahun ke atas.

Baca juga : 3 Teknologi Paling Berbahaya yang Bakal Bawa Kehancuran Dunia

4. Merusak Otak

Penyakit Berbahaya Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone

Sejauh ini memang dampak negatif dari adanya radiasi ini tetaplah menjadi kontroversi. Tetapi dari banyak penelitian telah ditemukan bahwa radiasi dari ponsel ini bisa membuat adanya pertumbuhan tumor otak. Bisa juga menyebabkan insomnia. Saat ini yang paling sering dikeluhkan oleh banyak pengguna adalah sakit kepala dan merasa mual. Untuk menghindari efek tersebut tentu saja harus membatasi diri agar tidak terlalu sering atau berlama – lama memainkan smartphone yang membuat kita sakit kepala atau pada kasus ekstremnya adalah dapat merusak otak.

Penggunaan teknologi dengan bijak sebenarnya akan membantu kita dalam hal apapun. Meski sebenarnya hal ini membuat kecanduan akan tetapi kita juga tidak bisa untuk membatasi diri dari dunia luar. Menggunakan dengan jangka waktu yang ideal bisa menghindarkan kita dari penyakit berbahaya akibat terlalu sering menatap layar smartphone. Imbangi dengan waktu istirahat dan konsumsi buah – buahan sehat yang diperlukan oleh mata kita.

 

Dapatkan berbagai tips dan berita menarik dan terbaru seputar teknologi dengan cara mengisi form dibawah ini!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password