Pantau Selalu Kesehatan Fortuner Anda Dengan On-Diagnostic Board!

On-Diagnostic Board

Styleintech.com – Tak peduli maka tak sayang. Maka dari itu mulailah melakukan hal kecil nan sakral seperti meluangkan waktu untuk selalu mengecek kesehatan mobil Anda. Anda tidak akan sanggup jika mengabaikan hal kecil tersebut dan berakhir dengan merawatinapkan mobil Anda di bengkel. Lalu, bagaimana caranya? ODB (On-Diagnostic Board) adalah jawabannya!

Makhluk apa itu On-Diagnostic Board?

Makhluk apa itu On-Diagnostic Board?

Mungkin di telinga orang awam, ODB (On-Diagnostic Board) masih terdengar asing. Namun sekali lagi jika Anda peduli dengan kesehatan mobil Anda, istilah ini haruslah Anda ketahui. ODB adalah alat yang digunakan untuk mendiagnosa dan melaporkan berbagai status sistem yang bekerja di mobil Anda.

Teknologi ini mulai dirumuskan oleh The Society of Automotive Engineering. Dan kemudian disarankan oleh The California Air Resources Board untuk diaplikasikan pada produk mobil-mobil mulai dari tahun 1990an. Maka dari itu teknologi ODB 2 sudah terstandarisasi dan bisa digunakan oleh semua mobil yang diproduksi dari tahun 1990an. Tidak seperti teknologi pendahulunya, ODB 1 yang terpasang pada produk mobil tertentu – mobil-mobil sebelum tahun 1990. Biasanya alat ini digunakan oleh teknisi mobil yang berpengalaman. Namun sekarang Anda sebagai pemilik mobil pribadi pun bisa lho menggunakan teknologi ini!

Kenali Sistem ODB 2!

On-Diagnostic Board

Lalu, bagaimana sih cara membaca sistem ODB 2 ini? Pada dasarnya, tugas ODB 2 adalah mendeteksi kerusakan lewat ‘kode’ yang mewakilkan bebera fungsi sistem mobil. Umumnya, kode ini umumnya terdiri dari empat digit, yaitu P, B, C, dan U. P untuk mesin dan transmisi, B untuk bodi, C untuk sasis, dan U, untuk jaringan (network) mobil. Dan di tiap kode tersebut diikuti dengan angka-angka yang menunjukkan nama sistem dengan lebih spesifik. Simpelnya, ODB 2 akan memberitahukan pengguna kode mana yang dirasa rusak dan part yang harus diperbaiki atau diganti secara detail. Fitur lainnya adalah live report, dimana ODB 2 akan memindai kondisi temperatur pendingin, oxygen sensor voltage, dan modul lainnya.

Cara menggunakan ODB 2 ini pun cukup sederhana. Hanya dengan menyambungkan ODB 2 ke soket ODB 2 yang biasanya terdapat di bawah dashboard, tepatnya di bawah setir mobil. Kemudian hidupkan mesin mobil Anda diikuti dengan device ODB 2 Anda. Dan silahkan untuk memilih fitur-fitur ODB 2 yang sudah dijelaskan di atas.

Varian ODB 2, Dari yang Konvensional Sampai yang Termutakhir!

Jenis dari ODB 2 sangat bervariasi. Dari yang bentuknya hand-held tools, disambungkan ke PC dan informasinya akan tertampilkan lewat aplikasi khusus ODB 2. Sampai yang baru-baru ini sedang nge-trend yaitu ODB 2 yang tersambung ke aplikasi di smartphone atau tablet Anda lewat bluetooth. Teknologi ini biasa dinamai ODB 2 Bluetooth Scanner. Nah, ODB 2 Bluetooth Sacanner ini tampilannya lebih ramah dan sangat mudah digunakan baik untuk pengguna yang masih baru ingin belajar mengenai ODB 2, lho! Harganya pun lebih murah ketimbang dengan yang berbentuk hand-held tools. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena tidak bisa menggunakan ODB 2 untuk Fortuner Anda. Sekarang ini, banyak vendor yang mengembangkan teknologi ODB 2 agar lebih ramah interface dan bisa digunakan oleh semua pemilik mobil. Semakin mudah tentunya untuk menjaga kesehatan Fortuner Anda!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password