Nokia 3310 Tampil Lebih Modern, Apa Bedanya dengan yang Lawas?

Nokia 3310 Tampil Lebih Modern, Apa Bedaya dengan yang Lawas

Styleintech.com – Belakangan ini Nokia banyak menjadi bahan pembicaraan di dunia maya karena produk-produk yang kabarnya akan mereka luncurkan tahun ini. Nah, pada Minggu sore kemarin (27/2/2017) Nokia resmi mengumumkan jajaran ponsel terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Perusahaan asal Finlandia ini memperkenalkan 3 smartphones yaitu Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3. Dan tak ketinggalan juga versi anyar Nokia 3310.

Pada acara tersebut, yang paling menarik perhatian adalah saat HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia, memperkenalkan Nokia 3310. Saat pengumuman, mereka sempat berpura-pura seolah-olah tidak akan ada ponsel legendaris versi baru ini di MWC 2017.

Pengumuman ponsel Nokia 3310 versi baru tersebut langsung disambut meriah oleh para pengunjung dan jurnalis yang hadir pada acara peluncuran tersebut.

“Mari saya perkenalkan kembali ponsel ikonik 3310,” kata CEO HMD Global, Arto Nummela, pada acara peluncuran yang digelar di Museum of Contemporary Art, Barcelona, Spanyol.

Lalu apa yang membedakan Nokia 3310 yang baru dengan versi lawas yang dirilis 17 tahun lalu itu?

Desain dan Layar

Ponsel anyar keluaran 2017 ini memiliki dimensi yang lebih tipis dibanding pendahulunya, yaitu 12,8 mm berbanding 22 mm. Desainnya lebih melengkung. Ukuran layarnya lebih besar, yaitu 2,4 inci, dan juga berwarna QVGA dengan 240 x 320 piksel. Jadi tak lagi monokromatik (hitam-putih) seperti versi lawasnya.

Meski begitu, Nokia 3310 versi baru ini masih hadir dengan keypad numerik khas feature phone. Tepat di bagian bawah layar, terdapat tiga tombol fisik. Dari kiri ke kanan, terdapat tombol untuk menerima panggilan, tombol navigasi/menu, dan tombol menolak panggilan.

Ponsel ini tersedia dalam beberapa varian warna mencolok seperti glossy yellow dan merah, matte grey, dan dark blue.

Baterai

Seperti yang kita ketahui, versi lawas ponsel legendaris ini terkenal dengan baterainya yang tahan lama. Kemampuan baterai yang tahan lama ini pun masih dipertahankan pada versi keluaran 2017, bahkan ditingkatkan kapasitasnya dari 900 mAh di versi lama menjadi 1.200 mAh di versi terbaru.

“Nokia 3310 terbaru memiliki baterai yang tahan 22 jam talk time dan 1 bulan standby,” ungkap Nummela.

Kamera dan Memori Internal

Berbeda dengan versi lawasnya, Nokia 3310 versi baru telah dibekali dengan kamera belakang. Kamera ini memiliki resolusi 2 megapiksel dan didukung dengan lampu flash LED.  Memori internalnya sendiri berkapasitas 16 MB dan mampu menyimpan hingga 2.000 nomor kontak.

Dual SIM dan slot MicroSD

Pada Nokia 3310 terbaru ini, Nokia menyertakan fitur Dual SIM di dalamnya. Selain itu, ponsel ini juga didukung slot memori eksternal yang bisa diisi hingga 32 GB.

Fitur dan konektivitas

HMD Global belum menyebutkan sistem operasi yang digunakan Nokia 3310 versi keluaran 2017 ini. Berdasarkan kabar yang beredar, bahwa ponsel ini menggunakan sistem operasi Series 30+ buatan Nokia.

Fungsi Nokia 3310 sekarang tak hanya untuk melakukan panggilan dan SMS saja. Kamu bisa berselancar di dunia maya menggunakan ponsel ini karena telah dibekali Opera Browser. Selain itu, ponsel ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan radio, menonton video, hingga bermain game. Untuk menambah kesan klasik dan legendaris, HMD Global juga membekali ponsel ini dengan game Snake.

Sayangnya, konektivitasnya tetap menggunakan jaringan GSM. Dan tidak ada dukungan koneksi WiFi di ponsel ini.

Game Snake di Nokia 3310 Versi 2017
Game Snake di Nokia 3310 Versi 2017

Harga dan ketersediaan Nokia 3310

HMD Global rencananya akan menjual Nokia 3310 pada kuartal kedua 2017 dengan harga US$52 atau sekitar Rp 690 ribu. Namun sayangnya belum diketahui pasti kapan jadwal rilisnya di pasar Indonesia. Kita tunggu saja ya!

Baca juga : Review Ponsel Anti Air Samsung Galaxy A5 2017 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password