Motorola Moto Z3, Kenalan dengan HP 5G Pertama dari Verizon

Motorola Moto Z3, Kenalan dengan HP 5G Pertama dari Verizon

Styleintech.com – Awalnya, orang-orang tidak akan menyadari Motorola Moto Z3 merupakan smartphone dengan kemampuan 5G. Ini dikarenakan jaringan 5G belum dapat digunakan secara global. Namun, pengguna Motorola Moto Z3 dapat menggunakan jaringan 5G begitu provider telah mengaktifkan jaringan tersebut kepada publik.

Motorola Moto Z3 sebenarnya adalah smartphone dengan kemampuan 4G pada awalnya dan telah siap diluncurkan ke pasaran pada Agustus 2019. Pernyataan tersebut diungkapkan Hans Vestberg selaku CEO Verizon pada Consumer Electronic Show 2019 di hari Senin, 7 Januari 2019. Hans Vestberg berperan sebagai keynote speaker pada acara itu. Ia juga menambahkan bahwa Motorola Moto Z3 baru akan memiliki kemampuan 5G setelah sistem mendapat update Moto Mod.

Motorola Moto Z3, Kenalan dengan HP 5G Pertama dari Verizon

Ternyata, Mod Moto 5G akan menjadikan Motorola Moto Z3  sebagai smartphone berkemampuan 5G perdana begitu Verizon menyalakan layanan mobile 5G-nya. Ada juga smartphone dari Samsung yang sempat dilirik oleh Verizon dan Qualcomm di Snapdragon Tech Summit pada Desember 2018, akan menjadi perangkat kedua dengan kemampuan 5G. Namun ternyata smartphone dari Samsung tersebut akan diusung oleh AT&T dan Sprint.

Hans Vestberg mengungkapkan Verizon tetap akan meng-handle perangkat dari Samsung karena telah memiliki kesepakatan eksklusif dengan pihaknya. Samsung kemungkinan telah mendatangi Verizon terlebih dahulu untuk perjanjian eksklusif sebelum pindah ke operator lain.

Vestberg menolak untuk mengungkapkan waktu pasti kapan perangkat berkemampuan 5G ini diluncurkan. Ia juga tidak menjelaskan secara rinci seri dan kemampuan smartphone Samsung yang akan dibekali kemampuan koneksi jaringan 5G. Muncul spekulasi dari para pengamat teknologi bahwa Samsung akan meluncurkan varian 5G dari Galaxy S10. Flagship smartphone dari Samsung tersebut diperkirakan akan diperkenalkan pada publik di akhir Februari pada acara pameran perdagangan Mobile World Congress.

Baca juga: Review Harga Motorola Moto X dan Spesifikasi Terbaru 2018

Motorola Moto Z3, Kenalan dengan HP 5G Pertama dari Verizon

Buat kamu yang penasaran, gambar pertama dalam artikel ini menunjukkan Motorola Moto Z3 yang telah berada di rancangan final. Sementara itu, gambar kedua menunjukkan dua varian Galaxy S10 yang rumornya telah beredar luas. Terdapat dua varian Samsung Galaxy S10, yang kemungkinan akan diluncurkan dengan label Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus.

Kembali pada Verizon, pengumuman sebagai carrier pertama yang mengusung teknologi 5G jelas akan memberinya keuntungan. Konsumen akan memiliki persepsi positif kepada Verizon sebagai pionir jaringan 5G sehingga menunjukkan superioritas teknologi jaringan yang dimilikinya. Langkah ini dinilai sangat tepat karena kecepatan koneksi jaringan merupakan faktor yang sangat dominan di benak konsumen.

Teknologi jaringan 5G menjadi sasaran yang paling ditunggu-tunggu publik di CES 2019. Kehadirannya diharapkan dapat menjadi pengganti 4G atau LTE, apalagi ketika masyarakat dunia menghendaki kehadiran koneksi nirkabel yang responsif. 5G akan menjadi pintu gerbang diaktifkannya berbagai layanan seperti virtual reality streaming secara real time, termasuk telemedicine.

Sebenarnya, beberapa carrier lain seperti AT&T telah memperkenalkan penggunaan varian teknologi 5G. Hanya saja terbatas pada lingkup WiFi di kota-kota tertentu dan tidak menggunakan peralatan standar industri, sehingga belum dapat digunakan secara masif. Verizon merupakan carrier pertama yang berani mengambil langkah untuk pengembangan 5G di smartphone sampai pada tataran industri. Hal itu telah diungkapkan Hans Vestberg semenjak lama.

Baca juga: Terungkap! Bocoran Spesifikasi dan Harga Motorola P30 Play

Motorola Moto Z3, Kenalan dengan HP 5G Pertama dari Verizon

Mari kita kesampingkan terlebih dahulu tentang siapa yang pertama kali memperkenalkan teknologi 5G. Kalau dilihat dari sudut pandang lain, kompetisi ketat pemakaian teknologi 5G menunjukkan bahwa perkembangan koneksi nirkabel akan merebak luas. Bukan tidak mungkin juga Indonesia akan bisa ikut menikmati teknologi tersebut segera di tahun ini. Apakah kamu sudah tidak sabar menikmati layanan koneksi data yang lebih cepat?

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password