4 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

4 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Styleintech.com – Kebutuhan akan perangkat laptop sekarang ini sudah semakin besar. Tidak hanya untuk anak kuliahan, laptop bahkan sangat dibutuhkan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Selain itu, semakin berkambangnya dunia bisnis online, kini laptop pun menjadi sarana utama bagi mereka. Tapi semuanya tidak akan berjalan lancar ketika laptop mengalami masalah. Misalnya saja touchpad laptop tidak berfungsi  sama sekali atau ngadat.

Ketika terjadi masalah seperti ini, intinya kalian harus tenang agar bisa menemukan cara terbaik untuk memperbaikinya. Untuk informasi lengkap mengenai cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi, silahkan simak pada ulasan berikut ini!

4 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Touchpad memang menjadi komponen penting pada sebuah laptop. Touchpad ini berfungsi untuk menggerakkan kursor di layar dan melakukan berbagai perintah inputan layaknya mouse di PC atau komputer. Ketika terjadi masalah seperti ngadat atau macet, tentunya hal ini akan cukup mengganggu aktivitas penggunaannya.

Meskipun bisa disiasati dengan penggunaan mouse, tapi hal ini membuat pengguna kurang nyaman menggunakannya. Solusinya adalah memperbaiki touchpad tersebut. Lantas bagaimana cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi? Beriktu ini cara-caranya:

Menekan kombinasi tombol

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Mungkin saja secara tidak sengaja kamu menekan kombinasi tombol sehingga membuat touchpad didisable atau non-aktif. Untuk mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi seperti ini, kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan menekan kombinasi tombol juga. Pertama silahkan kamu cari tombol diantara F1-F12 yang tertera ikon touchpad. Setelah tombol tersebut ditemukan, selanjutnya tekan tombol Fn dan tombol berikon rouchpad tadi secara bersamaan.

Namun jika ikon touchpad tadi gambarnya lebih besar dari pada tulisan F1-F12, maka tidak perlu mengkombinasikan tombol Fn. Kamu hanya perlu menekan tombol berikon touchpad tadi. Selai cara ini, kamu juga bisa mengaktifkan touchpad dengan masuk ke menu Start dan ketikkan “Mouse”, kemudian pilih opsi Enable Touchpad dan OK. Untuk melakukannya bisa menggunakan mouse eksternal.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Gaming dari Acer, Cocok untuk Gamer Kelas Berat

Perbarui driver touchpad

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi berikutnya adalah dengan memperbarui drivernya. Mungkin saja driver touchpad sudah tidak kompatibel dengan perangkat sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Cara update driver tersebut, kamu tinggal mengunjungi website resmi dari produsen laptop yang kamu punya, kemudian download dan install ulang drivernya.

Hal ini juga bisa terjadi diakibatkan install ulang Sistem Operasi Windows yang dilakukan. Membuat driver touchpad menghilang sehingga harus diinstall driver secara manual.

Menghapus software mouse

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Tidak jarang para pengguna menggunakan aplikasi atau software bawaan mouse. Entah apa tujuannya, tapi hal ini cukup sering dilakukan. Jangan salah, hal seperti ini bisa saja menjadikan touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Ini merupakan bentuk respon touchpad akan aktivitas tersebut.

Untuk mengatasi hal seperti ini maka kamu bisa menghapus perangkat lunak bawaan mouse yang diinstall. Apalagi touchpad yang tidak berfungsi terjadi sesaat sudah menginstall software tersebut, sudah pasti masalah utamannya adalah software mouse.

Baca juga : Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah

Membawa ke tukang service

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Jika cara-cara di atas tidak cukup ampuh untuk memperbaiki touchpad laptop yang tidak berfungsi, maka saatnya kamu membawa laptop tersebut ke ahlinya. Bawa laptop ke service center untuk mengetahui apa penyebab dari touchpad rusak tersebut. Dengan demikian, touchpad yang tidak berfungsi bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi paling mudah untuk diterapkan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau membuat kondisi laptop semakin parah, sebaiknya kamu membawanya saja ke service center laptop. Semoa informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password