Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Styleintech.com – Apa Anda pernah alami masalah ketika Anda ingin membuat tugas sekolah atau pun kampus, tetapi WiFi di laptop Anda tidak bisa dikoneksikan, alias mati? Padahal koneksi WiFi yang ada di laptop teman Anda yang lain berjalan dengan normal.

Tentu saja hal yang seperti ini membuat Anda merasa sangat kesal. Masalah tersebut terjadi dikarenakan beberapa hal, seperti keteledoran penggunaan sebelumnya atau pun masalah sistem WiFi itu sendiri. Makanya melalui artikel ini akan kami kasih tahu cara dan tips mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi yang mudah. Penasaran? Langsung saja di simak langkahnya di bawah ini.

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Mengaktifkan adapter WiFi di laptop Anda

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Tips pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi yang mudah adalah dengan mengaktifkan adapter WiFi yang ada di perangkat Anda. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan Anda yang lupa untuk hidupkan kembali pengaturan WiFi di laptop.

Caranya mudah sekali, yakni dengan menekan tombol kombinasi Fn + F3. Jika cara ini tidak bisa maka Anda bisa mencoba untuk pergi ke control panel, kemudian pilihlah “Network and Internet”. Lalu pilihlah “Network and Sharing Center” dan klik saja pada “Change Adapter Settings”. Terakhir, klik kanan di pilihan WiFi kemudian klik Enable.

Menginstall ulang driver WiFi laptop

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Driver sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memiliki peranan cukup penting sekali di laptop, yang berguna untuk mengendalikan komponen yang terhubung dengan perangkat Anda. Apabila driver tersebut tidak dapat terinstall, maka komponen yang ada di laptop Anda tidak akan bisa bekerja secara optimal. Oleh karenanya, apabila WiFi yang ada di laptop Anda mati, maka kemungkinan besar driver dari WiFi Anda ada masalah.

Oleh karenanya, ada baiknya Anda install ulang driver tersebut. Caranya mudah sekali yakni dengan pergi ke Control Panel – Hardware and Sound – Device Manager. Jika sudah, silakan Anda cari saja driver dari WiFi di laptop Anda.

Setting ulang IP address

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Tips mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi yang lainnya adalah dengan setting ulang IP address di laptop Anda. Tipsnya hampir sama dengan langkah yang nomor 1. Tetapi saat ini Anda klik kanan pada Setting atau Pengaturan WiFi, kemudian pilih saja Properties. Apabila Anda sudah memilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), maka Anda bisa memilih Obtain An IP Address Automatically dan Obtain An DNS Server Address Automatically.

Baca juga: 3 Trik Jahili Komputer atau Laptop Teman Tersadis, Kamu Harus Coba Nih!

Merestart laptop Anda

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Apabila semua tips di atas ternyata tidak membuahkan hasil, maka cara yang bisa Anda coba adalah dengan merestart laptop Anda. Diharap dengan melakukan restart ini semua sistem akan dapat berjalan dengan normal kembali.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Root di Smartphone Android

Restart router

Tips Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi yang Mudah

Untuk tips yang terakhir ini bisa Anda lakukan pada saat semua tips di atas tetap saja gagal, yakni dengan restart router penyedia WiFi yang Anda gunakan. Bisa jadi masalah tersebut ada pada router yang sebabkan laptop Anda tidak bisa terdeteksi di router tersebut.

Lagi cari laptop, komputer, atau PC baru? Caranya gampang banget beli saja di merchant offline yang sudah berkerja sama dengan AKULAKU, agar Anda bisa menikmati layanan  pembayaran dengan cicilan via fitur terbaru aplikasi AKULAKU, yakni AKULAKU kredit offline.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi yang mudah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password