Material Elevator Menuju Luar Angkasa Akan Selesai Diproduksi Tahun 2030

Material Elevator Menuju Luar Angkasa Selesai Diproduksi Tahun 2030

Biaya yang mahal merupakan salah satu kendala yang dihadapi dalam mengirimkan barang ke luar angkasa, yakni sekitar Rp 722 juta per kilogram. Hal ini tentu dapat menghambat berbagai kegiatan dan riset di antariksa. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membuat biaya pengiriman tersebut menjadi lebih murah, contohnya adalah pembuatan roket Falcon 9 milik SpaceX yang dapat digunakan ulang.

Walau demikian, biaya pengiriman masih belum terjangkau, sehingga kini para ilmuwan mencoba mencari solusi transportasi luar angkasa yang cukup radikal yaitu melalui pembangunan space elevator atau orbital elevator.

Space elevator merupakan fasilitas berupa elevator khusus yang dibuat untuk mengirimkan barang menuju orbit bumi. Masalahnya, dalam pembangunan elevator ini dibutuhkan material khusus untuk membuat struktur yang sangat tinggi. Material harus kuat sekaligus sangat ringan. Sehingga tidak bisa menggunakan sembarangan material untuk membangunnya. Bukan hanya itu, material tersebut juga harus tahan terhadap suhu dan tekanan atmosfer serta benturan oleh berbagai obyek dari luar angkasa.

Menurut laman Futurism, Desember (20/12/2016), ilmuwan memperkirakan bahwa material utama untuk membangun space elevator baru selesai diproduksi pada tahun 2030. Dengan proses produksi material yang memakan waktu sepuluh tahun ini, maka riset pengembangan teknologi yang akan menunjang pembangunan elevator tersebut juga dapat diakselerasi.

“Material untuk membangun elevator setinggi 100.000 KM ini akan selesai diproduksi pada 2030. Itu belum proses pembangunan elevator. Jika nanti semua sudah rampung, riset antariksa akan lebih mudah dan terakselerasi dengan cepat,” kata David I Raitt, salah satu ilmuwan dari Badan Antariksa Eropa (ESA).

Sayangnya, material seperti apa yang akan menopang pembangunan elevator belum diungkapkan oleh ilmuwan tersebut. Ia hanya memaparkan, proses produksi material ini akan benar-benar dipantau dengan seksama.

Pembangunan space elevator sebenarnya merupakan impian manusia sejak lama. Seperti yang sempat muncul di berbagai film dan buku fiksi ilmiah dimana telah digambarkan bagaimana manusia dengan mudah pergi ke luar angkasa hanya menggunakan sebuah elevator.

 

Sumber : Metrotvnews.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password