Bukan Cuma Untuk Orang IT, Ini Manfaat Belajar Programming

Manfaat Belajar Programming

Styleintech.com – Hingga kini, mungkin banyak yang masih beranggapan bahwa programming adalah kemampuan eksklusif orang-orang IT. Tidak ada alasan bagi orang di luar bidang tersebut untuk mempelajarinya. Pendapat ini memang tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi sebenarnya ada banyak manfaat belajar programming. Jika kamu membutuhkan PC atau laptop untuk mempelajarinya, aplikasi Akulaku bisa membantumu.

1. Melatih Logika

Coding atau programming ini sangat syarat akan logika. Tak sekedar menulis baris kode saja, programming juga melatih kita untuk berpikir analitis dalam memecahkan permasalahan. Misalnya saja dalam pembuatan aplikasi sederhana seperti program penghitung luas persegi panjang. Untuk membuatnya, kita harus mencari tahu bagaimana cara menemukan luas persegi panjang terlebih dahulu. Kita juga harus tahu data apa saja yang kita butuhkan untuk melakukan perhitungan termasuk bagaimana cara mengolah data-data tersebut. Dari sini jugalah, kita bisa melatih logika dalam menyelesaikan masalah.

Manfaat Belajar Programming

2. Mengembangkan Cara Berpikir Sistematis

Aplikasi yang terdiri dari baris-baris kode tidak akan bisa berjalan dengan baik jika tidak disusun secara sistematis. Setiap baris kode memiliki keterkaitan dengan baris kode yang lain. Baris-baris kode tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing. Dengan belajar bagaimana cara menulis kode secara sistematis, kebiasaan ini akan membentuk pola pikir yang sistematis dalam kehidupan sehari-hari.

3. Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Masalah

Manfaat Belajar Programming

Tujuan dari pembuatan program adalah untuk memecahkan masalah. Misalnya saja aplikasi kalkulator yang dibuat untuk memecahkan permasalahan perhitungan hingga aplikasi media sosial yang dibuat untuk membantu orang mengembangkan relasi. Namun dalam prosesnya, menulis kode program juga tak bisa lepas dari masalah. Terkadang eror bisa terjadi. Berangkat dari sini, kita akan belajar untuk menyelesaikan masalah, termasuk masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa manfaat belajar programming yang tak terbatas hanya untuk orang IT saja. Untuk belajar programming, kamu akan membutuhkan PC atau laptop. Harganya memang tidak bisa dibilang murah. Namun dengan aplikasi Akulaku, kamu bisa membelinya secara kredit. Dapatkan juga voucher akulaku dengan nilai total Rp 700 ribu dari Aidia Network. Cukup download aplikasi Akulaku, masukkan kode AIDIA1 dan kamu pun akan mendapatkan vouchernya.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password