Lindungi Apartemen dari Kebakaran? Terapkan 3 Langkah ini

Lindungi Apartemen dari Kebakaran Terapkan 3 Langkah ini

Sponsored article by 3M

Lindungi Apartemen dari Kebakaran - 3M

Styleintech.com – Kaum milenial umumnya memilih apartemen sebagai pilihan hunian. Selain karena harganya yang relatif murah, fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen umumnya lebih menunjang kehidupan, ketimbang membangun hunian sendiri. Hal ini tentu harus diimbangi dengan kesadaran terhadap keselamatan beraktivitas sehari-hari, terutama bagi yang tidak banyak menghabiskan waktu di apartemen.

Kerusakan instalasi listrik pada apartemen mungkin terjadi dan menimbulkan resiko kebakaran yang tidak diinginkan. Ruang-ruang di apartemen yang cukup dekat jaraknya satu sama lain tentu membuat risiko kebakaran semakin menjadi, terlebih yang berada di satu unit. Anda tentu tak ingin kehilangan profit dari investasi yang Anda bangun selama ini akibat kebakaran di apartemen, bukan? Maka dari itu, yuk catat 3 hal yang harus Anda lakukan untuk melindungi apartemen dari kebakaran berikut ini.

3 Langkah untuk Lindungi Apartemen dari Kebakaran

1. Pastikan Instalasi Listrik Telah Terpasang Sempurna

Lindungi Apartemen dari Kebakaran - Instalasi Listrik Telah Terpasang Sempurna

Sumber image : www,rumahku,com

Meski setiap unit apartemen telah dibekali dengan instalasi listrik otomatis, namun tak ada salahnya untuk memastikan terlebih dahulu kelengkapan instalasi listrik di apartemen Anda. Memastikan sempurnanya instalasi listrik ini akan membantu Anda menekan resiko dari kebakaran akibat konslet pada listrik apartemen. Bagaimana cara memastikan bahwa instalasi listrik di apartemen telah terpasang sempurna?

Salah satu cara efektif memastikan instalasi listrik telah terpasang sempurna adalah memanggil tukang listrik. Namun, Anda juga bisa melakukannya secara mandiri, dengan mengecek kembali fungsi dari beberapa komponen penting, seperti MCB pada KWH-Meter. Pastikan ukuran MCB yang dipasang di rumah Anda sesuai dengan daya listrik yang terpasang, berstandar SNI, dan dipasang di dalam box MCB. MCB memiliki fungsi penting, di antaranya mengamankan instalasi listrik jika terjadi hubungan singkat atau korsleting. Selain itu, MCB juga berfungsi memutus sumber listrik apabila ada peralatan listrik yang melebihi daya di apartemen Anda.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah komponen seperti ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) yang berfungsi memutuskan sumber listrik jika terjadi kebocoran listrik ke bumi. Pastikan juga stop kontak, saklar, dan fitting lampu yang digunakan berkualitas baik, berstandar SNI, dan dipasang dengan benar.

Baca juga : Lampu Pintar Terbaik yang Wajib Dipasang di Rumah bagi Kalian yang Sering Pulang Malam

2. Meninggalkan Ruangan? Pastikan Komponen Listrik Telah Dinonaktifkan

Lindungi Apartemen dari Kebakaran - Komponen Listrik Telah Dinonaktifkan

Sumber image : reginarealty,co,id

Setelah memastikan instalasi listrik terpasang sempurna, Anda pun bisa menempati hunian impian tanpa takut mengalami resiko kebakaran yang besar. Tapi, Anda tidak boleh melewatkan satu hal, yakni memastikan semua komponen listrik, baik alat elektronik maupun berbagai komponen yang terhubung ke sumber listrik telah dinonaktifkan saat Anda meninggalkan apartemen.

Seperti yang selama ini diketahui, penghuni apartemen dilarang menggunakan kompor gas dan disarankan menggunakan kompor listrik untuk kebutuhan harian. Nah, untuk Anda yang telah selesai berurusan dengan dapur, harap pastikan kembali bahwa kompor listrik maupun berbagai alat elektronik yang terhubung ke sumber listrik telah dinonaktifkan. Tinggal di apartemen memang harus dibarengi dengan sikap sadar akan keselamatan bersama.

Baca juga : Daftar Teknologi Rumah Pintar Berbasis IoT yang Wajib Dicoba

3. Pastikan Hunian Anda Memiliki Alat Pemadam Yang Sesuai

Lindungi Apartemen dari Kebakaran - Alat Pemadam Yang Sesuai

Sumber image : blogspot,com

Selain dua hal di atas, Anda harus memperhatikan alat-alat pendukung keselamatan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti korsleting atau kebakaran. Apabila kebakaran muncul dari unit apartemen Anda, maka sudah menjadi kewajiban untuk memadamkan api secara kilat dengan alat pemadam yang sesuai sebelum menjalar ke unit lain.

Pemilihan alat pemadam yang sesuai mampu menghindarkan apartemen Anda dari risiko kebakaran yang parah. Tempatkan alat pemadam di lokasi strategis agar mudah dijangkau saat terjadinya kebakaran. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah 3M™ Novec™ 1230 Fire Protection Fluid. Berdesain canggih dan mudah digunakan, mengurangi terjadinya kerusakan aset akibat kebakaran, serta lebih ramah lingkungan membuat produk ini dapat menjamin keamanan selama berada di apartemen maupun unit usaha Anda. Anda pun dapat menjaga aset-aset berharga Anda.

Lindungi Apartemen dari Kebakaran - Alat Pemadam Yang Sesuai 3M

3M dengan beragam solusi visionernya, telah mengalami serangkaian uji tes dan tersertifikasi internasional untuk menjamin keselamatan bagi para penggunannya. Tunggu apalagi, gunakan alat pemadam terbaik dari 3M ini untuk menekan risiko yang ditimbulkan oleh kebakaran pada apartemen maupun unit bangunan Anda lainnya. Kunjungi laman 3M™ Novec™ 1230 Fire Protection Fluid dan Channel YouTube 3M Indonesia untuk #discoverscience dari 3M.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password