Mengetahui Berbagai Kelebihan SSD Dibandingkan HDD untuk Pekerjaanmu

Kelebihan SSD Dibandingkan HDD

Styleintech.com – Teknologi baru memang akan terus dikembangkan untuk menciptakan peradaban yang lebih maju. Sama halnya pada hardware penyimpanan data, apabila dulu hard disk drive atau HDD masih umum digunakan, bukan tidak mungkin lagi akan segera digantikan dengan adanya solid state drive atau SSD yang sekarang semakin populer. Memangnya apa sih kelebihan SSD tersebut?

Mengetahui Berbagai Kelebihan SSD Dibandingkan HDD untuk Pekerjaanmu

Kelebihan SSD Dibandingkan HDD

Kinerja SSD lebih cepat

Dengan menggunakan SSD, maka Anda tidak perlu lagi harus lama – lama menunggu proses booting. SSD hanya butuh waktu cukup singkat untuk booting, jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Kecepatan lainnya yang bisa didapatkan adalah ketika akan memindahkan file atau data serta mencari file. Kemampuan baca ada pada angka 200 – 250MB per detik. Sedangkan HDD hanya pada angka 50 – 120MB per detik.

SSD jauh lebih hemat daya baterai

Kelebihan lain SSD dibandingkan HDD untuk pekerjaan Anda adalah SSD jauh lebih hemat dalam hal penggunaan daya baterai. Sebab daya yang dibutuhkan SSD ini hanya sekitar 2 – 3 watt saja. Hal ini tentu terlihat jelas sangat jauh lebih kecil dibandingkan daya yang dibutuhkan HDD yang mencapai 7 watt. Hal tersebut menjadikan baterai tak cepat habis. Apabila Anda gunakan listrik, Anda pastinya bisa jadi lebih hemat lagi.

Kelebihan SSD Dibandingkan HDD

SSD lebih solid dan awet

Pada dasarnya SSD tidak mempunyai komponen yang bergerak sehingga tak bising pada sata digunakan, dan juga tidak mudah panas. Berbeda halnya dengan HDD, SSD ini tidak menggunakan media cakram yang mudah tergores. Hal tersebut yang menjadikan SSD jauh lebih aman terhadap goncangan dibandingkan HDD.

SSD jauh lebih ringan

Terakhir, SSD dibandingkan dengan HDD jauh lebih ringan. Biasanya, berat SSD hanya separuh dari berat HDD dengan ukuran yang sama. bahkan laptop pun akan jadi lebih enteng untuk dibawah kemana pun pemiliknya pergi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang berbagai kelebihan SSD dibandingkan HDD untuk pekerjaanmu. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password