Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

Styleintech.com – Kamera sudah menjadi perangkat yang tidak asing dengan masyarakat kita. Cukup banyak jenis dan tipe kamera yang ada saat ini, mulai dari kamera DSLR, mirrorless, hingga kamera polaroid. Tapi demikian, apakah kalian tahu mengenai kamera polaroid? Mungkin sebagian masih cukup asing dengan kamera ini karena eksistensinya yang kalah dengan kamera modern seperti DSLR dan mirrorless.

Kamera polaroid pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947 silam yang merupakan rancangan dari Dr. Edwin land. Hingga sekarang ini kamera polaroid terus mengalami perkembangan, baik dari sisi desain hingga kemampuannya mengambil foto objek. Sama seperti kamera lainnya,  kelebihan dan kekurangan kamera polaroid juga ada. Untuk lehij jelasnya dimak ulasan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

Kamera polaroid ini sendiri merupakan kamera dengan desain unik serta mampu mencetak secara langsung dari kamera setelah dilakukan pemotretan. Hasil fotonya cukup keren dengan nuansa retro classic yang nyentrik. Mengenai kelebihan dan kekurangan kamera polaroid, antara lain:

Baca juga: Keunggulan Kamera Nikon Z7, Hadir dengan Fitur – Fitur Terbaik 2018

Kelebihan Kamera Polaroid

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

  • Mudah digunakan. Dilihat dari sisi penggunaannya, kamera polaroid dirasa lebih mudah dan cepat dalam melakukan pencetakan foto. Tidak lebih dari 5 menit saja, foto sudah bisa dicetak langsung tanpa membutuhkan alat lain. Ini sangat berbeda dengan kamera jenis lainnya yang tentunya masih membutuhkan waktu lama untuk pencetakannya.
  • Cocok untuk pemula. dikarenakan cara penggunaannya yang sangat mudah, tentunya ini akan sangat membantu bagi para pemula yang ingin menjadi fotografer. Pada bodi kamera hanya tersedia beberapa tombol saja sehingga mudah dimengerti kegunaan dari masing-masing tombol
  • Desain kamera cukup unik. Inilah yang menjadi kelebihan lain dari kamera polarod dibandingkan dengan jenis kamera lainnya. Bentuk, warna dan juga karakter dari kamera ini sangat berbeda dengan yang lainnya. ditambah lagi dengan hardcase dan juga tas kulit yang biasanya melengkapinya.
  • Sangat pas untuk kegiatan outdoor. Kelebihan kamera polaroid berikutnya adalah bisa dijadikan teman terbaik untuk aktivitas outdoor. Saat pengambilan foto, kamera polaroid ini sangat baik saat ada asupan cahaya yang terang. Bahkan hasil foto outdoor yang maksimal tersebut tidak perlu melakukan banyak pengaturan seperti pada kamera digital.
  • Hasil foto keren. Tidak kalah dengan jenis kamera lainnya, kamera polaroid juga bisa menghasilkan foto yang keren. Ditambah lagi dengan hasil foto yang berkesan retro classic, membuatnya semakin banyak disukai oleh pengguna.

Baca juga: Membuat Efek Bokeh Lebih Asyik dengan Pakai Rekomendasi 4 Kamera DSLR Ini!

 Kekurangan kamera polaroid

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

  • Masalah ukuran foto. Kekurangan kamera polaroid yang pertama adalah dari segi ukuran foto yang cukup terbatas. Ini dikarenakan foto lansung tercetak dari bodi kamera yang ukurannya pun tidak terlalu besar.
  • Kurang baik di kondisi low light. Kamera polaroid memang hanya bisa bekerja maksimal pada kondisi ruangan yang terang atau outdoor. Karena itulah, pada kondisi low light, hasil fotonya kurang sempurna.
  • Kualitas foto tidak bervariasi. Dikamera digital, kita bisa mengatur kualitas foto yang diambil dengan menambahkan berbagai efek dan filter. Namun hal ini tidak bisa dilakukan pada kamera polaroid. Sayang sekali ya?
  • Refill kertas foto yang terbatas. Karena bodinya yang tidak terlalu besar, tentunya hanya memuat beberapa refill kertas foto saja di dalamnya. Sehingga mau tidak mau pengguna harus membawa kertas foto tambahan agar tidak kehabisan saat menggunakannya untuk memotret.
  • Harga kertas refill yang mahal. Inilah yang cukup membuat pengguna berat hati, dimana harga kertas refill foto yang cukup pricey. Bagaimana tidak? Untuk satu pak kertas refill tanpa motif saja harganya sekitar Rp 100 ribuan. Sementara untuk kertas refill dengan motif harganya lebih mahal yakni sekitar Rp 120 ribuan.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan kamera polaroid yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password