Mengenal ISOFIX, Standar Baru Keselamatan Anak di Mobil Anda!

Styleintech.com –  Anda harus lebih waspada khususnya dalam berkendara ketika Anda membawa anak berusia di bawah 10 tahun. Karena seatbelt di kursi penumpang tidak cocok dengan ukuran tubuh anak kecil. Untuk lebih amannya, sudah ada produk kursi penumpang khusus anak atau child seat yang cocok dipakai untuk anak kecil. Dan ISOFIX hadir sebagai pembantu produk child seat tersebut.

ISOFIX Untuk Keselamatan Anak Anda!

ISOFIX child seat Untuk Keselamatan Anak Anda!

ISOFIX adalah standar bertaraf internasional yang tujuannya menjaga keselamatan anak kecil sebagai penumpang. ISOFIX pertama kali dibuat lewat kesepakatan antara produsen mobil Volkswagen dan produsen pembuat kursi khusus anak Britax-Romer pada tahun 1997. Sampai saat ini di Indonesia belum ada undang-undang yang mengharuskan pemasangan ISOFIX di mobil. Namun di negara seperti Amerika, Australia, Inggris, dan Uni-Eropa sudah ada hukum yang mengatur dan mengharuskan pemasangan ISOFIX di mobil.

Bentuk dari ISOFIX adalah dua titik cantelan atau attachment point yang umumnya berada di sisi bawah sandaran punggung kursi penumpang. Dan satu attachment point lagi berada di bagian atas/kepala (top tether) kursi penumpang. Dua attachment point berbentuk serupa jangkar di bawah berfungsi sebagai pengikat kursi khusus anak yang dipasang di atas kursi penumpang.

ISOFIX Memudahkan Pemasangan Child Seat di Mobil Anda!

ISOFIX child seat

Kursi penumpang khusus anak atau child seat adalah kursi tambahan yang dijual terpisah dan terintegrasi dengan ISOFIX mobil Anda. Umumnya Ada tiga kategori dari child seat yang didasarkan pada umur dan berat anak. Kategori pertama untuk anak berusia sekitar sembilan bulan sampai empat tahun. Kategori dua untuk anak berumur empat sampai enam tahun. Dan kategori ketiga untuk anak berumur sampai dengan 10 tahun. Terdapat konektor di bagian bawah child seat yang dikaitkan di attachment point ISOFIX yang dijelaskan sebelumnya.

Kekurangan dari ISOFIX adalah standar yang berbeda-beda di antara beberapa negara. Contohnya ISOFIX di Amerika akan berbeda dengan di negara-negara Uni-Eropa. ISOFIX Uni-Eropa dan Amerika pun akan berbeda dengan ISOFIX yang ditentukan oleh Australia.

Tentunya ISOFIX sudah terdapat pada All-New Fortuner. Jadi jika Anda mempunyai anak yang masih balita, tidak perlu khawatir anak Anda akan keluar atau jatuh dari kursi penumpang. Dengan membeli child seat dan pasangkan pada ISOFIX Fortuner Anda, semua beres!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password