Ini Bahayanya Sering Charge Smartphone Menggunakan Laptop

Bahayanya Sering Charge Smartphone Menggunakan Laptop

Styleintech.com – Port USB yang universal memang semakin memudahkan penggunanya untuk menghubungkan smartphone pada perangkat lain, salah satunya adalah laptop. Selain untuk mentransfer data, mengoneksikan smartphone ke laptop ini juga dapat digunakan untuk pengisian daya baterai smartphone. Sangat berguna sekali ketika darurat, misalnya saja ketika Anda tidak bawa adaptor charger. Ketahui Bahayanya Sering Charge Smartphone Menggunakan Laptop.

Akan tetapi, bila Anda rutin dan sudah terbiasa mengisi daya baterai smartphone menggunakan laptop, maka kebiasasn tersebut harus segera Anda hilangkan. Sebab ini bisa sangat membahayakan dan bikin perangkat Anda cepat rusak. Apa saja sih bahayanya ngecharge baterai smartphone menggunakan laptop? Simak ulasannya di sini.

Ini bahayanya sering charge smartphone menggunakan laptop

1. Beresiko merusak smartphone Anda

Beresiko merusak smartphone Anda

Sering ngecharge menggunakan laptop beresiko bikin smartphone Anda lebih cepat rusak. Sebab aliran listrik di port USB laptop mempunyai output daya kecil, membuat pengisian baterai jadi tak stabil dan abnormal. Pengisian daya baterai abnormal ini akan menjadikan smartphone Anda jadi panas, beresiko membuat hardware smartphone juga alami kerusakan.

2. Baterai laptop juga ikut rusak

Baterai laptop juga ikut rusak

Tidak hanya baterai dan hardware di smartphone Anda yang beresiko rusak, tetapi baterai laptop Anda juga bisa alami kerusakan. Sebab keseringan digunakan mengisi daya smartphone, mengingat baterai di perangkat mempunyai siklus hidup tersendiri. Hasilnya, umur baterai laptop Anda akan jadi lebih pendek dari semestinya jika Anda sering digunakan ngecharge smartphone.

3. Pencurian data

Pencurian data

Port USB pada laptop dibuat khusus untuk sikronisasi data dari perangkat lainnya. Bila Anda rutin memakainya untuk isi baterai smartphone lewat laptop, maka resiko pencurian data jadi lebih tinggi lagi. Ketika Anda mencolokkan smartphone ke laptop, maka secara otomatis data penting di smartphone Anda akan terbaca, seperti halnya nama pemilik merk, seri smartphone, software, OS, dan informasi yang lainnya. Saat laptop terhubung ke internet, saat itu hacker berpotensi ambil data – data penting tersebut.

Demikia informasi yang bisa kami bagikan tentang bahayanya sering charge smartphone menggunakan laptop. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai HP Android Agar Lebih Awet

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password