Ini Hal Penting Sebelum Tambah RAM Laptop yang Harus Anda Tahu

Ini Hal Penting Sebelum Tambah RAM Laptop yang Harus Anda Tahu

Styleintech.com – Anda pastinya setuju kan, jika kami katakan RAM memiliki peran penting bagi sebuah laptop? Sebab, saat semakin banyaknya aplikasi maupun game yang butuhkan resource tinggi, sehingga semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin kecang pula performanya.

Beda halnya dengan sebuah smartphone, RAM pada laptop ini bisa ditambah sesuka hati bila dibutuhkan. Tak bisa sembarangan sih, sebab ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menambah RAM pada laptop kesayangan agar performanya jadi lebih kencang dan Anda Anda menyesal.

Ini Hal Penting Sebelum Tambah RAM Laptop yang Harus Anda Tahu

Ini Hal Penting Sebelum Tambah RAM Laptop yang Harus Anda Tahu

Slot RAM

Jangan hanya dikarenakan mengejar performa yang cepat dan harga murah, sehingga Anda lupa lihat slot RAM di laptop Anda. Sebelum Anda beli dan tambah RAM laptop, pastikan dulu berapa jumlah slot RAM di laptop Anda.

Garansi laptop

Khususnya pada laptop baru, produsen akan memberikan perlindungan khusus pada tiap bautnya. Tujuan hal ini adalah untuk memastikan laptop tersebut masih belum pernah dibongkar bila suatu saat klaim garansi. Nah, ketika Anad menambah RAM sendiri, maka harus bongkar laptop, daini tentu akan membuat garansi Anda hangus.

Memastikan kebutuhan Anda

Jangan hanya dikarenakan menginginkan laptop dengan RAM besar lantas Anda buru – buru tambah RAM. Sebetulnya Anda butuh atau tudak, dan butuh RAM berapa besar? Silakan Anda pastikan terlebih dulu dengan seksama.

Perhatikan Mainboard laptop Anda

Hal satu ini juga jadi yang paling penting dan bisa dibilang sering terlupakan pada saat akan menambahkan RAM laptop. Harus diingat, tiap Mainboard laptop mempunyai arsitektur khusus yang atur kapasitas maksimal memori serta jenis memori. Selain itu juga harus Anda tahu bahwa jenis RAM untuk laptop umumnya SO-DIMM, jadi jangan membeli RAM tipe DIMM yang biasanya dipakai PC.

Memperhatikan sistem operasi laptop

Baik itu Linux atau pun Windows, keduanya mempunyia batasan arsitektur dalam membaca memori. Jika Anda memang ingin menambahkan memori RAM yang lebih dari kapasitas yang bisa dibaca, maka akan sangat percuma, sebab yang dibaca hanya batas maksimalnya saja.

Nah, itulah beberapa hal penting sebelum tambah RAM laptop yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password