Google Bawa Teknologi VR Langsung ke Browser Chrome

Google Bawa Teknologi VR Langsung ke Browser Chrome

Teknologi VR alias Virtual Reality kini bisa langsung dirasakan melalui peramban Chrome di desktop dan smartphone Android. Hal tersebut dimungkinkan integrasi Google dengan teknologi WebVR.

Integrasi ini sejatinya bukan hal baru. Google sudah menggodoknya sejak pertengahan tahun lalu, namun baru dirilis secara komersil di awal tahun ini.

WebVR sendiri merupakan platform teknologi VR yang sudah ada sejak 2014. Platform itu tak lain adalah Javascript API yang digunakan untuk menikmati konten 360 derajat.

Artinya, pengguna Chrome untuk Android Smartphone maupun desktop sudah bisa menjajal situs berkonten 360 derajat tanpa perlu beralih ke aplikasi khusus. Syaratnya, penjajalan itu perlu didukung ponsel dan headset yang sudah mendukung ekosistem VR milik Google, yakni Daydream.

Baca Juga : Begini Tips Google Perangi Hoax di Indonesia

Adapun ponsel-ponsel yang dikategorikan sebagai Daydream-ready adalah ZTE Axon 7, Google Pixel, Motorola Moto Z, serta yang selanjutnya Huawei Mate 9 Pro dan Asus ZenFone AR. Pengguna cukup masuk ke situs berkonten 360 derajat.

Selanjutnya pilih opsi VR pada ponsel Daydream-ready, lalu pasang ponsel ke headset Daydream VR.

Jika tak punya headset-nya, pengguna tetap bisa menjajal konten 360 derajat. Namun, pengalamannya kurang maksimal karena pemindahan sudut pandang dilakukan dengan mouse pada desktop atau sapuan (swipe) pada layar ponsel.

Dengan WebVR, pengguna Chrome untuk Android dan desktop bisa langsung menikmati konten VR dari berbagai situs yang sudah mendukung.

Beberapa situs dan perpustakaan konten VR yang bisa dikunjungi antara lain Bear 71, Matterport, Within, Sketchfab, dan WebVR Lab. Selamat mencoba.

1 Comment

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password