Berkendara Semakin Aman Dengan Fitur Trailer Stability Assist (TSA)

Fitur Trailer Stability Assist

Styleintech.com – Persaingan industri yang semakin ketat telah menjadikan banyak produsen otomotif yang menciptakan inovasi terbaru. Mereka berlomba-lomba mewujudkan produk generasi terbaru dengan peningkatan dari sisi fitur teknologis sesuai kebutuhan konsumen agar bisa mendapatkan pangsa pasar yang tinggi.

Salah satu inovasi teknologi yang memberikan kemudahan dalam kondisi darurat yang bisa saja terjadi, adalah adanya fitur Trailer Stability Assist (TSA) atau bisa disingkat Trailer saja. Fitur trailer merupakan fitur yang memberikan kemudahan dalam menderek mobil dalam kondisi yang mendesak atau darurat. Fitur trailer atau disebut Trailer Stability Assist (TSA) ini berfungsi mengontrol putaran roda secara individu dari terjadinya slip pada posisi swing trailer tepat sebelum terjadinya kerusakan. Sistem akan mendeteksi ketika trailer mulai bergerak pada batas kecepatan minimumnya. Sistem akan secara otomatis mengingatkan pengemudi di belakangnya dengan menggunakan lampu brake flash pada mobil dan trailer tersebut.

Fitur Trailer Stability Assist

Antisipasi Kendala Teknis Mobil dengan Trailer Stability Assist (TSA)

TSA mengkombinasikan reduksi torsi dan mekanisme pengereman tiap roda untuk memberikan kontrol penuh terhadap mobil dan sisi belakang trailer. Ketika proses penarikan trailer berlangsung, sistem ini akan secara otomatis bekerja secara elektronis, di samping juga membutuhkan kerjasama dari pengendara dalam mengendalikan keseimbangan kemudi mobil. TSA diprogram dan didesain untuk mendeteksi peningkatan pergerakan mobil dan menentukan preventif koreksi yang mengurangi tejadinya goncangan atau pergerakan trailer yang tidak stabil. Sejauh ini, kebanyakan sistem berbasis ESC tidak didesain untuk mendeteksi pergerakan atau pergeseran atau menentukan preventif terhadap trailer dan kendaraan derek, seperti yang dilakukan TSA.

Saat ini, hampir semua produk mobil premium menggunakan fitur trailer ini untuk mengantisipasi ketika mobil dalam kondisi yang perlu perbaikan atau ketika terjadi permasalahan pada unit mekanik atau elektronis mobil yang mengakibatkan operasioanl mobil terganggu.

Fitur Trailer Stability Assist

Adapun Toyota dengan produk andalan terbarunya All New Fortuner telah menyertakan fitur trailer tersebut dengan nama Trailer Stability Control (TSC) yang berfungsi sebagai sistem trailer kontrol stabilitas menjamin stabilitas dan keamanan untuk menderek kendaraan atau trailer.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password