Inilah Alasan Kenapa Kamu Mesti Coba Bayar Pajak secara Online

bayar pajak secara online

Styleintech.comYa dewasa ini tidak dapat kita pungkiri, karena kemajuan teknologi, banyak sekali membantu kita mulai dari komunikasi, transportasi, produksi, hingga kini juga ada hal-hal baru yang gampang diakses dengan teknologi, nah salah satunya yaitu sekarang sudah ada pembayaran pajak secara online.nah kamu mesti nyobain gimana proses pembayaran pajak secara online, yang pasti kamu tidak perlu antri lagi

.Bayar Pajak Secara Online

Berikut Ini Perlunya Bayar Pajak secara Online

Online Pajak meluncurkan teknologi blockchain untuk perpajakan. Blockchain adalah teknologi penyimpanan data multi-server yang dihubungkan secara aman oleh kriptograf.

Penerapan blockchain, ditujukan untuk mengatasi proses perpajakan yang selama ini terbilang cukup rumit, rentan terhadap kesalahan dan kurang transparan karena terbatasnya sistem informasi dan teknologi yang dipakai.

OnlinePajak memiliki misi mempermudah wajib pajak dalam menuntaskan kewajiban perpajakan dan membantu meningkatkan penerimaan pajak negara. Karena itu, ada banyak manfaat lapor pajak online dari OnlinePajak.

DJP-Pajak-Online-03-Finansialku.jpg?fit=500%2C337&ssl=1

Blockchain, Apa sih?

Mempelajari blockchain pada awalnya akan mengakibatkan sedikit kebingungan. Sama seperti awal saya mempelajari blockchain ini cukup sangat membingungkan. Berikut ini saya akan meberikan sedikit referensi bagi teman — teman untuk memulai mempelajari blockchain salah satu teknologi dibalik pesat nya perkembangan Cryptocurrency di dunia. Disini saya akan coba bahas blockchain ini semudah mungkin, karena memang sebenarnya blockchain adalah sebuah teknologi yang simple dan sederhana.

Pada dasarnya dalam aktifitas dibidang teknologi yang di lakukan adalah pengolahan data, dan dalam pengolahan data itu banyak sekali elemen — elemen didalamnya seperti dimana data itu di letakkan, bagaimana data itu di buat, bagaimana data itu di distribusikan dan yang lainya.

Seperti yang kita ketahui pada saat ini setiap data yang kita olah itu tercentralisasi atau hanya di simpan dalam satu komputer saja yang biasa kita sebut server. Sistem yang sekarang ini berjalan memiliki banyak kekurangan salah satunya adalah keamanan data menjadi tidak maksimal karena data hanya berada pada satu tempat yang mana itu membuat data kita tidak bisa di validasi datanya. Yang lainya adalah permasalahan jika ada kegagalan sistem dari server maka akan membuat jaringan down jika kita tidak memiliki backup maka hilang lah sudah data yang kita miliki.

Blockchain adalah sebuah teknologi yang dikenalkan bersama dengan Bitcoin oleh salah satu seorang atau kelompok yang menamakan dirinya Satoshi Nakamoto yang mana awalnya teknologi ini di gunakan untuk mencatat transaksi keuangan dari bitcoin.

Sebagai informasi, blockchain merupakan basis data global online yang bisa diakses oleh siapapun melalui internet. OnlinePajak memanfaatkan teknologi ini untuk mengoptimalisasi penerimaan pajak sehingga realisasi penerimaan pajak di Indonesia dapat mencapai target.

Simple nya blockchain adalah struktur data yang tidak dapat dirubah hanya bisa di tambahkan saja. Setiap data dari blockchain ini saling terhubung dimana kalau ada terjadi perubahan di salah satu block data maka akan berpengaruh terhadap data yang selanjutnya.

Dengan blockchain ini setiap transaksi dari bitcoin di simpan dalam sebuah Open Ledger ( Buku Besar ) yang di distribusikan ke dalam jaringan bitcoin. Setiap blockchain ini akan di bagikan copy datanya kepada setiap komputer yang terhubung pada jaringan tersebut. Pada setiap penambahan data akan ada pengecekan apakah datanya valid atau tidak yang biasanya proses ini disebut dengan mining atau di kenal dalam istilah lain Proof of work.

Terdapat beberapa element di dalam blockchain yaitu data Hash, Block & Proof of work

Hash

 ini adalah sebuah digital fingerprint atau identitas dari sebuah data digital

Block

Blockchain sendiri adalah kumpulah dari beberapa data block yang mana data block ini adalah data dari transaksi yang kita buat. Atau kita bisa definisikan sendiri akan data didalam block ini. Yang mana dengan begini Blockchain ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencatat transaksi keuangan saja.

Baca juga: 5 Game Online Memasak Paling Seru Dimainkan

Proof of work

POW atau Proof of work adalah sebuah protocol yang di fungsikan untuk memvalidasi setiap data yang masuk yang berguna untuk mengatasi serangan spam dan serangan ddos.

lapor-pajak-online-loader.jpg?fit=833%2C621&ssl=1

 

Mungkin sampai disini dulu untuk sedikit penjelasan sedikit konsep dari blockchain, kita kembali lagi kepembahasan awal kita mengenai pajak di blockchain,  Dengan teknologi blockchain ini niscaya kita  manajemen pajaknya akan lebih cepat dari yang ada sekarang.  Blockchain ke depannya diharapkan tidak hanya untuk pajak tapi buat yang lain seperti asuransi.

Selama ini, WP harus membayar pajak melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktoral Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Bank Indonesia (BI), bank persepsi dan pihak ketiga lainnya seperti jasa penyedia aplikasi ataupun kantor pos. Setiap pihak harus melakukan verifikasi data yang prosesnya membutuhkan waktu tak sedikit, mulai dari pembuatan ID billing, penyetoran pajak di bank persepsi, hingga status tanda terima pajak yang dinyatakan valid. Ini kan banyak yang harus dilalui, Dengan sifatnya yang transparan, permanen, dan harus divalidasi secara konsensus, teknologi blockchain menjadikan setiap transaksi yang melibatkan pihak-pihak terkait sehubungan dengan proses pembayaran pajak akan menjadi lebih akurat, cepat, transparan, aman dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hal ini selaras dengan reformasi perpajakan yang sedang dicanangkan oleh pemerintah saat ini, Online Pajak diharapkan dapat menyederhanakan beban administrasi perusahaan, Sistem perpajakan di Indonesia rumit dan telah berlangsung selama 20 tahun. Padahal wajib pajak perlu tahu bagaimana pajak dibayar

Di Online Pajak, tanggal penerimaan pada Bukti Penerimaan Elektronik Anda adalah tanggal saat Anda klik tombol “Lapor” di aplikasi e-Filing OnlinePajak. Sehingga, pastikan Anda tidak melakukan melakukan lapor SPT online sebelum tenggat waktu yang ditetapkan DJP. Namun akan lebih baik bila melakukan lapor SPT online lebih awal, untuk menghindari kendala teknis yang mungkin terjadi.

Baca juga: Cara Isi Steam Wallet Paling Mudah dengan EasySteam

Rekonsiliasi dengan berbagai pihak

Untuk mewujudkan rencana besar tersebut, Guinot mengakui pihaknya telah mengajukan rencana rekonsiliasi kepada beberapa pihak pemangku kepentingan seperti bank, Kemenkominfo, dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Lewat sistem rekonsiliasi database yang dibangun secara bertahap ini, nantinya sistem pajak akan mengupayakan transparansi yang aman, tanpa harus membeberkan data-data yang bersifat sangat rahasia.

Sejauh ini respons positif telah diberikan oleh pihak DJP, mengingat kemitraan mereka dengan OnlinePajak yang telah terbangun sejak 2013 silam. Ke depannya Guinot tengah menjalin rekonsiliasi bersama pihak lain sembari tetap menyuarakan manfaat adopsi blockchain di sistem perpajakan.

Tidak hanya sebatas kepada penerapan dalam data perpajakan saja, menurut Guinot, blockchain juga ideal untuk diimplementasikan ke berbagai kasus lain yang berpotensi memberikan dampak sangat besar.

Apa pun hasil akhir yang ingin dicapai, Guinot menekankan ada baiknya seseorang untuk mempertimbangkan banyak hal secara matang sebelum mulai menyelami adopsi teknologi semacam blockchain, mengingat sumber daya yang akan dikeluarkan sangatlah tidak sedikit.

hal fundamental yang perlu ditekankan sendiri adalah membangun produk dengan fondasi yang solid terlebih dahulu. Untuk itu mulailah dari perusahaan dulu baru merambah ke pengembangan produk yang market fit, dan merambah lain-lain.

Ini bisa menjadi perjalanan yang panjang dan melelahkan, tetapi kita mesti optimis jika kita percaya telah berjalan ke arah progres yang benar, apa pun teknologi yang kita pilih, maka tujuan besar yang ingin dihasilkan bisa tercapai.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password