Begini Cara Menggunakan Headset Bluetooth pada Smartphone Android

Begini Cara Menggunakan Headset Bluetooth pada Smartphone Android

Styleintech.com – Mendengarkan musik memang bisa menjadi cara terbaik untuk mengusir suntuk dan membuat pikiran lebih terhibur. Apalagi mendengarkannya menggunakan headset, suara yang dihasilkan lebih jelas dan mengena ke telinga. Berbicara mengenai headset, sekarang ini sudah ada banyak sekali modelnya yang datang dari berbagai brand. Salah satu jenis headset yang cukup baru dan mulai menjadi incaran adalah headset bluetooth. Headset bluetooth dipilih karena tidak bikin ribet saat menggunakannya, karena tidak dilengkapi dengan kabel sebagai sambungannya.

Tapi demikian, bagi pemula ada saja yang masih kesulitan dengan cara mengkoneksikannya pada smartphone android. Karena itulah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara menggunakan headset bluetooth pada smartphone android.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth pada Smartphone Android

cara menggunakan headset bluetooth

Mengenai cara menggunakan headset bluetooth dirasa cukup sulit karena pengguna masih harus melakukan beberapa pengaturan agar headset dan smartphone bisa terkoneksi. Berbeda dengan headset pada umumnya, yang mana cara menggunakannya hanya perlu menancapkan ujung konektor pada slot input yang tersedia.

Untuk headset bluetooth sudah pasti menggunakan koneksi bluetooth sebagai penyambungnya. Secara umum, cara menggunakan headset bluetooth kamu hanya perlu menghidupkan headset dan koneksi bluetooth pada smartphone. Kalau masih bingung, simak cara menggunakan headset bluetooth di bawah ini:

  1. Langkah pertama yakni dengan menyalakan perangkat headset bluetooth dengan cara menekan tombol power. Pastikan perangkat telah aktif dengan tanda lampu indikator yang berkedip-kedip.
  2. Selanjutnya atur headset bluetooth agar ada dalam mode pairing. Untuk caranya yakni dengan menekan sekaligus menahan tombol multifungsi selama beberapa detik hingga memberikan tanda pada lampu. Tombol multifungsi ini biasanya adalah tombol yang digunakan untuk menerima telepon.
  3. Saat headset bluetooth sudah dalam mode pairing, biasanya lampu indikatornya akan berkedip warna merah dan biru. Kalau sudah seperti ini, lanjutny ke pengaturan smartphone-nya.
  4. Nyalakan smartphone dan aktifkan bluetooth-nya. Biarkan smartphone android melakukan scan secara otomatis, hingga nantinya headset bluetooth akan terdeteksi.
  5. Jika sudah terdeteksi headset bluetoothnya, langsung koneksikan keduanya melalui smartphone. Beberapa headset bluetooth biasanya minta PIN, isikan saja dengan PIN “0000” atau bisa dengan mencarinya di buku panduan headset bluetooth.
  6. Jika sudah berhasil konek, itu artinya headset sudah siap untuk digunakan.

Pengaturan ini biasanya hanya berlaku untuk perangkat smartphone yang pertama kali dikoneksikan dengan headset bluetooth tersebut. Untuk selanjutnya kamu hanya perlu menghidupkan headset dan aktifkan bluetooth di smartphone, dengan mudah keduanya akan langsung terkoneksi. Sangat mudah bukan cara menggunakan headset bluetooth pada smartphone android di atas?

Baca juga : 7 Bahaya Menggunakan Headset Saat Tidur Malam Hari

Pertimbangan Saat Akan Membeli Headset Bluetooth

cara menggunakan headset bluetooth

Jika memang kamu tertarik untuk membeli headset bluetooth, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal ini agar tidak salah pilih dan menyesal nantinya:

Tipe headset

Secara umum headset terbagi ke dalam 2 tipe, yakni earphone dan juga headphone. Untuk earphone lebih cocok untuk kamu yang lebih suka dengan desain headset yang ringkas. Sementara untuk headphone lebih cocok untuk kamu yang ingin sensasi suara yang lebih mantap.

Daya tahan baterai

Headset bluetooth biasanya memang dilengkapi dengan baterai sebagai penyokongnya. Karena itulah, pastikan kamu memperhatikan berapa lama sebuah headset bisa bertahan.

cara menggunakan headset bluetooth

Konektivitas audio jack

Ketika baterai headset sudah hampir habis, tentunya kamu harus segera mengecasnya. Tapi tidak dengan headset bluetooth yang sudah dilengkapi dengan audio jack, kamu tinggal memasangkan kabel dan bersantai menikmati musik kembali.

Baca juga : Cari Headset Baru? Ini Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih

Kualitas suara

Sudah pasti kualitas suara dari headset bluetooth perlu dipertibangkan. Tidak masalah harga lumayan mahal tapi kualitas suaranya menggelegar, dibandingkan dengan harga murah tapi kurang baik dalam hal kualitas suara.

Itulah tadi bagaimana cara menggunakan headset bluetooth pada smartphone android yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password