Cara Menggunakan Gamepad Bluetooth Pada Android

Cara Menggunakan Gamepad Bluetooth Pada Android

Styleintech.com – Bermain game di HP android memang sangat menyenangkan dan tidak jarang membuat para pengguna ketagihan memainkannya. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis game yang bisa dimainkan. Bahkan ada pula beberapa jenis game yang dulunya hanya di PC dan konsol, sekarang sudah dihadirkan untuk versi android. Tapi demikian, ada kendala yang sering dialami oleh pemain yakni kontroler di layar yang cukup sulit dikendalikan. Untuk mengatasi hal ini biasanya pengguna memilih untuk menggunakan gamepad.

Menggunakan gamepad saat bermain game di android memang sangat memudahkan dalam hal kontrol game. Gamepad sendiri biasanya dibekali dengan koneksi bluetooth untuk bisa dihubungkan dengan smartphone android. Saat akan menghubungkan gamepad ke android, hal ini terkadang menyulitkan beberapa pengguna. Karena itulah, sebagai jawabannya berikut cara menggunakan gamepad bluetooth pada android yang bisa coba diterapkan.

Cara Menggunakan Gamepad Bluetooth Pada Android

Cara Menggunakan Gamepad Bluetooth Pada Android

Gamepad sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis dan tipenya yang datang dari berbagai merek. Salah satu merek atau brand yang menghadirkan game bluetooth terbaik adalah Xiaomi. Xiaomi tidak hanya berfokus pada produksi smartphone saja, melainkan juga gamepad untuk memanjakan para gamer mobile. Gamepad besutan dari Xiaomi diklaim sangat bagus dan dibanderol dengan harga murah. Karena itulah gamepad ini cukup banyak diminati oleh gamer.

Baca juga : Seru Banget! 5 Rekomendasi Gamepad Android Paling Bagus 2018

Dan pada pembahasan kali ini adalah cara menggunakan gamepad bluetooth dari Xiaomi. Tidak sulit untuk cara menghubungkan gamepad Xiaomi dengan smartphone android. Apalagi dengan koneksi bluetooth ini, maka kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi atau alat bantu lain seperti ketika menggunakan joystik atau stick PS. Untuk cara selengkapnya, simak langkah-langkah berikut:

Cara Menggunakan Gamepad Bluetooth Pada Android

  1. Yang pertama pastikan kamu sudah mempunyai smartphone android dan juga gamepad dari Xiaomi. Gamepad Xiaomi sendiri sudah dijual bebas di pasara, baik secara online maupun offline.
  2. Setelah itu, lakukan pengaturan di smartphone. Hidupkan bluetooth di smartphone dan pastikan sudah disetting ke “visible” agar smartphone bisa dideteksi oleh perangkat lainnya, dalam hal ini gamepad bluetooth Xiaomi.
  3. Jika sudah, lanjut untuk menghidupkan gamepad-nya. Untuk pairingnya, silahkan kamu tekan tombol logo “MI” khas Xiaomi yang biasanya terletak dibagian tengah gamepad. Tekan terus sampai lampu LED yang ada bekedip cukup cepat.
  4. Cara menggunakan gamepad bluetooth selanjutnya adalah dengan mengkonfirmasi request menghubungkan di smartphone android. Biasanya nama bluetooth gamepad yang tertera di smartphone bertuliskan huruf China. Klik “Pair” untuk segera menghubungkan gamepad dengan smartphone android. Nama bluetooth ini nantinya bisa diganti setelah perangkat gamepad terhubung dengan smartphone android.
  5. Tunggulah sampai proses pairing sukses dan berhasil. Tandanya gamepad sudah terhubung dengan smartphone adalah lampu LED yang ada di gamepad sekarang menyala secara terus-menerus, tidak berkedip seperti pertama tadi.
  6. Sekarang kamu sudah bisa mencoba memainkan berbagai game di android dengan kontroler gamepad. Namun demikian tidak semua game support dengan gamepad, hanya beberapa saja yang bisa dimainkan dengan gamepad tersebut. Untuk mengetahui beberapa game yang support gamepad, bisa dibaca diweb StyleinTech.com ini juga, cari saja dikolom “Pencarian”.

Cara Menggunakan Gamepad Bluetooth Pada Android

Baca juga : Mau Memberikan Hadiah untuk Si Kecil? Belikan Gamepad Ini Saja!

Jika dirasa sudah puas bermain dan ingin mematikan gamepad, caranya cukup mudah. Kamu tinggal menekan kembali tombol “MI” yang ada ditengah gamepad beberapa saat hingga lampu LED mati. Atau dengan membiarkannya beberapa saat tanpa menekan tombol apapun, maka gamepad akan mati secara sendirinya.

Sementara untuk menghubungkannya kembali, kamu hanya perlu menyalakan gamepad dengan menekan tombol “MI” beberapa saat hingga LED menyala. Pastikan bluetooth di smartphone sudah dihidupkan dan tunggu beberapa saat dan secara otomatis gamepad bisa terhubung. Cukup mudah bukan cara menggunakan gamepad bluetooth pada android?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password