Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah

Styleintech.com – Layar merupakan salah satu komponen output paling penting pada sebuah perangkat laptop atau notebook. Layar akan menjadi perhatian utama ketika seseorang mengoperasikan sebuah laptop. Karenanya, jika layar laptop mengalami masalah atau kerusakan, pasti ini menjadi permasalahan yang serius dan harus segera di atasi. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada sebuah laptop adalah layar laptop bergaris.

Layar laptop yang terdapat garis warana-warni seperti ini tentu akan mengganggu mobilitas peggunaannya. Masalah seperti ini biasanya diakibatkan oleh pixel pada bagian layar tertentu yang tidak bisa menampilkan raster pixel dengan baik atau pixelnya sendirilah yang tidak muncul. Lantas, bagaimana cara mengatasi layar laptop bergaris warna-warni tersebut?

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah

Permasalahan layar laptop bergaris seperti ini biasanya disebut dengan dead pixel. Dead pixel ini sendiri merupakan kondisi layar laptop yang tidak bisa bekerja dengan semestinya, yakni tidak bisa menampilkan raster, rendering dan juga pola. Pada permasalahan ini layar monitor di bagian tertentu hanya bisa menampilkan satu warna saja sesuai dengan kerusakan yang ada. Sebagai langkah pengecekan pada dead pixel, kamu bisa menganalisa pada VGA atau layar LCD dari laptop tersebut.

Penyebab umum dead pixel

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah 1

Bukan tanpa alasan layar laptop mengalami dead pixel, ada beberapa penyebab yang memunculkan masalah tersebut. Penyebab dead pixel ini sendiri, antara lain:

  • Laptop yang sudah usang sehingga menyebabkan melemahnya pixel.
  • Terlalu sering menimpakan barang atau sesuai di atas layar LCD sehingga memberikan tekanan beban.
  • Terjadi masalah atau kerusakan pada jalur IC pad.
  • Saat membersihkan layar, pengguna menggunakan bahan yang keras dan kasar sehingga memunculkan kerusakan. Bisa juga karena ketidak hati-hatian saat melakukan pembersihan layar.
  • Terjatuh atau karena layar yang terbentur dengan benda keras lainnya.

Baca juga : Pilihan Laptop Convertible Terbaik yang Cocok untuk Memudahkan Hidupmu

Cara mengatasi dead pixel secara fisik atau hardware

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah 2

  1. Layar laptop bergaris bisa diatasi dengan cara melakukan cek pada bagian layar LCD yang kendor. Caranya adalah dengan menekan secara perlahan layar dari belakang LCD. Lihat apakah terjadi perubahan pixel atau menghilangnya garis saat dilakukan penekanan atau tidak.
  2. Kedua dengan cara membongkar layar dan lakukan pengecekan pada kabel fleksibel layarnya. Periksa juga pada bagian pin fleksibel, apakah ada lecet atau cacat. Bersihkan dan cobalah untuk dipasang kembali.
  3. Untuk garis yang muncul secara tidak mutlak, kamu bisa membuka layar dan cobalah untuk membersihkan setiap bagiannya secara perlahan dengan gerakan horizontal dan vertikal. Hal ini berguna untuk memperbaiki kerapatan pada pixel agar kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga : 7 Merk Laptop Terbaik dan Terawet Saat Ini

Cara mengatasi dead pixel secara software

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Paling Mudah 3

  1. Pertama bisa mengunduh aplikasi bernama PixelRepair, kemudian install seperti baisanya.
  2. Jika sudah terbuka nanti akan muncul tampilan utama dari aplikasi. Lihatlah pada bagian combobox screen, pada bagian tersebut pilih display yang akan disetting ulang.
  3. Selanjutnya lihat pada bagian Pattern untuk memilih pola yang diinginkan. Disini kamu bisa memilih warna solid black ataupun white.
  4. Nantinya layar akan menampilkan warna sesuai dengan pola pattern yang sudah dipilih tadi. Pada tampilan ini, lihat apakah ada warna lain dari tampilan layar sesuai warna yang dipilih tadi. Jika memang tampilannya mulus, berarti tidak ada masalah dead pixel. Tapi jika sebaliknya, maka bisa dipastikan layar mengalami dead pixel.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar laptop bergaris warna-warni paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Lakukan step-step di atas secara berurutan agar permasalahan layar bergaris bisa di atasi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password