Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Styleintech.com – Semua komponen yang ada pada sebuah laptop memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Kinerja laptop yang baik sangat ditentukan oleh kondisi dari setiap komponen yang ada. Jika ada salah satu komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan laptop tidak bisa digunakan dengan maksimal. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi adalah keyboard laptop tidak berfungsi.

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan keyboard tidak berfungsi seperti ini. Kerusakannya tentu akan lebih parah jika kita tidak tahu cara penanganannya yang benar dan tepat. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara terbaik memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Melakukan restart

Cara pertama untuk memperbaiki keyboar laptop tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart. Dengan restart maka semua data yang tersimpan di RAM akan terhapus dan ini juga akan memperbarui kinerja dari semua komponen laptop, termasuk keyboard. Masalah yang seperti ini salah satunya diakibatkan oleh driver keyboard yang tidak merespon. Gejalanya biasanya tidak hanya satu tombol saja yang tidak berfungsi, melainkan semua tombol. Cukup melakukan restart yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit, masalah ini akan teratasi.

Membersihkan debu yang menempel di keyboard

Keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa diakibatkan oleh menumpuknya debu di keyboard. Debu akan menutupi sela-sela keyboard sehingga menyebabkan beberapa tombol tidak berfungsi dengan baik. Cara mengatasinya cukup mudah, yakni dengan membersihkan debu yang menempel di sela-sela keyboard.

Miringkan laptop hingga sudut 75 derajat dan goyangkan laptop agar debu yang berada di sela-sela tombol keyboard akan keluar dan jatuh. Namun sebelumnya pastikan laptop sudah dalam keadaa mati atau dhutdown. Manfaat juga selotip untuk menjangkau debu yang berada di bawah tombol keyboard.

Baca juga : 4 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Paling Mudah

Mengecek driver keyboard

Keyboar laptop yang tidak berfungsi bisa jadi karena driver keyboard yang tidak lagi kompatibel. Gejalanya biasanya semua tombol di keyboard tidak berfungsi atau mati. Kamu hanya perlu melakukan update driver agar kompatibel dengan perangkat. Caranya adalah dengan mengakses Device Manager.

Mulailah dengan klik menu “Start” kemudian klik kanan pada opsi “Computer” yang berada di atas opsi “Control Panel”. Selanjutnya klik pada pilihan “Manage”, maka nanti akan muncul halaman Computer Management. Klik opsi Device Manager dan pilih “Keyboard”. Klik kanan pada driver yang ada di bawanya dan lakukan update.

Restore Windows

Hampir sama dengan cara yang pertama di atas, cara juga akan memperbaiki bagian dari software laptop. Restore Windows akan mengembalikan pengaturan di dalamnya menjadi default seperti pertama kali membelinya. Caranya cukup mudah yakni dengan masuk ke Control Panel dengan klik menu “Start” dan pilih “Control Panel”. Pada menu System and Security, pilih opsi Back up your computer.

Pada halaman baru yang muncul, silahkan klik Recover system setting or your computer dan klik Open System Restore. Ikuti Wizard mudah yang muncul hingga windows berhasil di restore dan laptop kembali berfungsi.

Baca juga : 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip

Membawa ke service center

Dan cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi yang terakhir adalah dengan membawanya ke service center. Para teknisi biasanya akan membongkar beberapa tombol yang tidak berfungsi dan memperbaikinya. Biasanya juga teknisi akan menggunakan software Keyboard Tes untuk mengetahui tombol mana saja yang tidak berfungsi.

Atau jika semua tombol tidak berfungsi, pengecekan akan dilakukan pada kabel penghubung keyboard dengan motherboardnya. Dengan demikian kerusakan keyboard akan tertangani dengan baik.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi paling mudah dan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password