Bagaimana Cara Memilih Solusi APM yang Tepat

Bagaimana Cara Memilih Solusi APM yang Tepat

Styleintech.com – Kredibilitas perusahaan sering kali dinilai dari performa mereka dalam memberikan solusi. Semakin mapan perusahaan tersebut, tuntutan ini akan semakin tinggi, terlebih di era digital seperti sekarang ini. Demi memberikan solusi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan zaman, adopsi teknologi pun tak terhindarkan. Bahkan banyak perusahaan yang mengembangkan aplikasinya sendiri demi memberikan solusi terbaik. Tujuannya tentu sudah jelas. Demi meningkatkan daya saing dan mempertahankan dominasi. Namun aplikasi yang tidak dikelola dengan baik justru bisa menjadi bumerang bagi bisnis. Untuk itulah dibutuhkan monitoring aplikasi. Untuk itulah dibutuhkan Application Performance Management (APM). Sayangnya, menemukan solusi APM yang tepat bisa sangat menantang. Setidaknya, akan terasa sulit saat tak ada cukup panduan untuk menemukannya.

1. Pahami Kebutuhan

Memahami semua informasi seputar aplikasi dan sistem yang hendak dimonitor adalah langkah awal dalam memilih solusi APM yang tepat. Misalnya saja seperti arsitektur sistem, platform yang digunakan hingga ukuran dari sistem yang hendak dimonitor. Semua informasi tersebut dibutuhkan sebagai dasar dalam menentukan pilihan.

Bagaimana Cara Memilih Solusi APM yang Tepat

2. Kumpulkan Semua Kandidat yang Dapat Menjawab Kebutuhan Tersebut

Cari kandidat solusi APM sebanyak mungkin dengan dasar informasi yang telah dirangkum sebelumnya. Semakin banyak akan semakin baik. Namun agar lebih mudah, mulailah dari solusi APM yang memang telah teruji. Batasi jumlah kandidat yang layak untuk dipertimbangkan untuk membatasi jumlah pilihan.

3. Fokus Pada Fitur yang Paling Esensial

Secara singkat, solusi APM harus mampu menjawab 2 kebutuhan paling mendasar, yakni monitoring dan analisis. Untuk itu, cari tahu bagaimana metode yang digunakan oleh setiap solusi APM yang dikumpulkan sebelumnya. Gali bagaimana efektivitasnya dan kemudahan dalam penggunaannya.

Bagaimana Cara Memilih Solusi APM yang Tepat

4. Pertimbangkan Layanan Supportnya

Dalam menemukan solusi APM terbaik, jangan hanya fokus pada produk APM itu sendiri. Pertimbangkan juga layanan supportnya. Setidaknya, gali sampai sejauh mana penyedia solusi APM mau membantu Anda. Pertanyaan fundamental ini harus terjawab sebelum mengambil keputusan.

Ada beberapa sudut pandang dalam memilih solusi APM. Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika orientasi tersebut lebih berfokus pada end user experience. Jadi solusi APM mana yang dapat membantu mewujudkan end user experience terbaik, itulah yang sebaiknya dipilih. Untuk urusan yang satu ini, JENNIFERSOFT memiliki jawabannya. Dengan 2 fitur utamanya, yakni Active Service dan X-View, JENNIFER APM membuat monitoring hingga pencarian root cause menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password