Cara Memakai Joystick di Android Paling Mudah

Cara Memakai Joystick di Android Paling Mudah

Styleintech.com – Smartphone android menjadi salah satu produk gadget yang cukup banyak diminati sekarang ini. Smartphone android bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari browsing internet, bersosial media hingga bermain game. Dari berbagai aktivitas tersebut, kalian semua pasti setuju kalau main game adalah yang paling seru dan menyenangkan. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis game android yang tersedia dan bisa didapatkan dengan mudah melalui Google Playstore.

Bermain game android juga lebih seru saat menggunakan joystick atau stick PS. Namun tidak semua pengguna tahu bagaimana cara memakai joystick di android. Untuk itulah, berikut ini beberapa langkah menggunakan joystick di android selengkapnya. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Cara Memakai Joystick di Android Paling Mudah

Cara Memakai Joystick di Android Paling Mudah

Cara memakai joystick di android hanya bisa dilakukan untuk smartphone android yang sudah support USB OTG. Untuk smartphone keluaran terbaru sebagian besar sudah support, namun untuk versi smartphone jadul kebanyakan tidak support USB OTG. Selain memastikan smartphone support dengan USB OTG, ada beberapa peralatan lain yang juga harus dipersiapkan. Peralatan tersebut seperti:

  • Joystick atau stick PS3
  • Kabel USB OTG
  • Aplikasi USB/BT Joystick Center

Cara Memakai Joystick di Android Paling Mudah

Baca juga : Agar Joystick Minimu Awet dan Tahan Lama, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan

Setelah semuanya dipersiapkan, selanjutnya memulai cara memakai joystick di android. Mulailah dengan menginstall USB joystick di Android. Untuk langkah-langkah selengkapnya bisa disimak pada ulasan berikut:

  1. Aplikasi USB/BT Joystick Center bisa kamu unduh dan install melalui Google Playstore secara gratis. Install seperti biasa pada smartphone android yang ingin digunakan main game dengan joystick.
  2. Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut hingga menampilkan halaman utaman. Sebelumnya hubungkan terlebih dahulu smartphone android dengan USB OTG dan joystick yang akan digunakan.
  3. Pada tampilan utama aplikasi USB/TB Joystick Center, klik “ON” pada menu “IME” yang ada di bagian pojok kanan atas.
  4. Setelahnya akan muncul notifikasi pop up yang merupakan Input Method. Klik pada opsi “USBJoyFreeIME” dan setup method. Nanti akan muncul kembali pop up konfirmasi, kemudian pilih “OK”.
  5. Langkah berikutnya adalah arahkan kursor di samping kiri tampilan dan klik pada opsi “SEARCH” untuk mendeteksi joystick yang dihubungkan tadi.
  6. Apabila joystick sukses terdetksi oleh aplikasi, maka pada tampilan tersebut akan muncul kotak yang memuat tulisan “Generic USB Joystick (1)”.
  7. Dan langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “Analog” yang ada di aplikasi tersebut. Jika joystick yang dihubungkan tadi sudah menyala, itu tandanya joystick sudah terhubung dan siap untuk digunakan bermain game android.
  8. Pelajari juga beberapa tombol virtual yang tersedia di dalam aplikasi untuk mengetahui fungsi masing-masing.

Cara Memakai Joystick di Android Paling Mudah

Tapi demikian, tidak semua game android bisa dimainkan dengan menggunakan joystick. Hanya ada beberapa game android saja yang support dengan joystick, seperti Riptide, Modern Combat (3,4,5), Asphalt 8, GP dan lain sebagainya. Selain itu, game dari emulator PPSSPP, emulator PSX EPSXE, Drastics DNS hingga game ISO juga bisa dimainkan dengan menggunakan joystick di android.

Baca juga : GameSir F1, Joystick Mobile untuk Pecinta Game MOBA di Smartphone

Selain itu, perlu diketahui juga smartphone android yang bisa digunakan untuk main game dengan Joystick ini juga harus sudah di root. Jadi pikir ulang lagi apakah kamu sudah siap melakukan root pada smartphone android atau tidak. Jika memang tidak ingin melakukan root, maka alteratifnya adalah dengan menggunakan gamepad bluetooth yang sudah dijual bebas di pasaran.

Itulah tadi cara memakai joystick di android paling mudah yang bisa kamu terapkan. Rasakan permainan game yang lebih seru dan menyenangkan dengan joystick atau stick PS3 di atas.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password