Baterai Cair untuk Smartphone, Bisa Awet Hingga 10 Tahun!

baterai cair untuk smartphone

Baterai smartphone pada umumnya terbuat dari unsur lithium yang memiliki wujud berupa logam padat. Unsur lithium ini memiliki tekstur yang lunak, bobot yang ringan, titik leleh yang rendah, serta bersifat reaktif.

Akan tetapi, baterai lithium ini memiliki beberapa kekurangan, salah satunya yaitu masa hidupnya yang singkat. Seiring banyaknya pemakaian, performa baterai ini akan menurun dan elemen lain di smartphone pun lama-kelamaan bisa rusak.

Selain itu, penggunaan lithium pada baterai memiliki dampak negatif pada sistem penyimpanan energi. Sebab, lithium merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui.

Maka dari itu, para peneliti di Penn State University yang sadar akan permasalahan ini, mengembangkan baterai cair atau likuid yang bernama flow battery alias baterai mengalir sebagai alternatif dari baterai lithium.

Baterai cair ini pada intinya menyimpan energi melalui air dan diklaim dapat memiliki masa hidup hingga satu dekade atau 10 tahun, seperti yang dilaporkan Engadget pada Senin (13/2/2017).

Cara pembuatan flow battery ini adalah dengan melakukan modifikasi molekul yang terpatri dalam elemen penyusun baterai, yaitu elektrolit, besi, dan viologen. Modifikasi ini bertujuan agar molekul bisa stabil, larut dalam air, dan tak mudah mengalami degradasi.

Saat terlarut dalam air netral, solusi yang dihasilkan baterai cair ini ternyata tak main-main. Flow battery hanya akan kehilangan 1 persen dari kapasitasnya setiap 1.000 siklus pemakaian.

Dengan demikian, kita dapat merasakan performa baterai yang sama selama bertahun-tahun, seperti saat pertama kali menggunakannya.

Selain awet, baterai cair ini juga tak akan mengancam keseimbangan energi di bumi. Baterai ini juga berisiko rendah dan tak akan meledak. Hal ini dikarenakan di dalam flow battery tak ada elemen yang berpotensi memunculkan panas dan mengeluarkan ledakan api.

Sedangkan dari segi harganya, flow battery juga disebut-sebut akan lebih mahal dibandingkan baterai lithium. Namun belum ada angka finansial pasti yang disebutkan. Sampai saat ini, baterai cair ini masih terus dikembangkan dan belum memiliki kejelasan kapan akan dikomersilkan ke pasaran.

Baca juga : Tips Tepat Isi Baterai Smartphone

 

Sumber : kompas.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password