Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Styleintech.com – Cyber security sangat erat kaitannya dengan aktivitas hacking yang cukup merugikan bagi sebagian besar orang. Misalnya seperti pemilik website, saat cyber security webite terkena serang hacker maka akan membuat data dari website tersebut dicuri, atau bahkan juga bisa merusak website tersebut. Tapi demikian, ada pula hacker yang memiliki peranan positif, seperti saat menangkal serangan dari hacker lain dengan cara menyerangnya balik.

Untuk menangkal hacker, perlu sistem cyber security yang baik dan kuat sehingga hacker akan lebih susah untuk membobolnya. Cyber security inilah yang nantinya menjadi tameng untuk menutup celah yang bisa digunakan hacker untuk menyusup. Cyber security memang sangat penting peranannya, dan akan ada banyak bahaya jika cyber security tersebut bisa ditembus oleh hacker. Mengenai bahaya cyber security yang kena bobol hacker tersebut, bisa anda simak pada ulasan berikut ini.

Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Cyber security memang sangat penting untuk sebuah sistem atau perangkat yang tersambung dengan jaringan untuk penggunaannya, misalnya gadget, media sosial, website dan akun-akun penting lainnya. Jika cyber security kurang bagus, maka bisa jadi hacker memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang akhirnya merugikan anda sendiri. Berikut adalah beberapa bahaya cyber security yang dibobol hacker harus anda tahu :

Cyber security website

Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Bahaya yang akan ditimbulkan saat hacker berhasil menembus cyber security dari website adalah akan terjadinya pencurian data, membuat website diambil alih, struktur website tidak beraturan dan lain sebagainya. Tentu ini sangat merugikan anda sebagai pemilik dari website. Apalagi website anda tersebut merupakan website bisnis yang merupakan sumber penghasilan anda, pasti ini sangat merugikan sekali. Bisa jadi bisnis anda akan hancur dikarenakan website bisnis anda yang sudah dibobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga : Ingin Jadi Cyber Security Handal? Ini Situs untuk Belajar Hacking dan Cyber Security Terbaik

Cyber security media sosial

Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Selain website, para hacker biasanya juga sering melakukan pencurian terhadap akun media sosial, seperti twitter, facebook, hingga instagram. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk mengetahui username dan password dari akun media sosial tersebut, yang akhirnya akan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Mulai dari untuk melakukan pencemaran nama baik, memanfaatkan untuk keuntungan pribadi dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika akun-akun tersebut merupakan akun media sosial untuk sarana bisnis, seperti toko online atau penerima jasa tertentu, akan menjadi sasaran empuk bagi hacker.

Untuk menangkal hal ini, sebaiknya anda jangan sering login di perangkat lain. Atau juga membuat password yang rumit dengan sistem verifikasi 2 langkah, tentu ini akan sangat menyulitkan bagi hacker.

Cyber security gadget

Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Untuk yang satu ini sangat dampaknya sangat besar dan bisa merugikan banyak pihak. Misalnya cyber security dari smartphone ataupun komputer admin/server. Saat terkena hack oleh hacker maka yang terjadi adalah pencurian data penting dari perangkat tersebut. Terlebih lagi saat perangkat sering terhubung dengan jaringan internet, akan lebih mudah bagi hacker untuk mengendalikannya dari jarak jauh.

Baca juga : Cara yang Digunakan Hacker untuk Hack Akun Facebook dan Cara Mencegahnya

Cyber security rekening bank

Bahaya Cyber Security yang Kena Bobol Hacker

Kemudahan dalam transaksi kini bisa kita rasakan di jaman sekarang ini. Kita tak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan transaksi. Terlebih lagi sudah ada fasilitas SMS Banking ataupun Internet Banking, akan lebih memudahkan pengguna melakukan transaksi via online. Tapi tahukah kamu hal tersebut akan lebih rentan terhadap hacker? Ya, bisa saja saat anda melakukan login di perangkat untuk mengakses Internet Banking atau SMS Banking, hacker akan secara diam-diam menyusup dan mengambil informasi login anda. Dengan demikian, hacker akan mudah mengetahui username dan password bank anda. Isi dari rekening akan ludes dengan sekeja.

Itulah tadi beberapa bahaya cyber security yang kena bobol hacker perlu anda tahu. Mulai dari sekarang, perbaiki cyber security perangkat atau akun anda agar tidak terjadi hal-hal yang akan sangat merugikan anda pribadi.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password