Sekarang Backup Data WhatsApp Tidak Memakan Kuota Ruang Google Drive

Sekarang Backup Data WhatsApp Tidak Memakan Kuota Ruang Google Drive

Styleintech.com – WhatsApp sekarang menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Alasannya tak lain karena kemudahan dalam menggunakannya, serta dengan fitur-fiturnya yang sangat lengkap. Tampilannya yang simple namun kaya fitur, menjadikannya daya tarik utama bagi pengguna untuk menggunakannya. Salah satu fitur yang bisa kita temukan di aplikasi WhatsApp adalah fitur backup atau cadangkan data. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data chat dan riwayat dari aplikasi. Tak hanya riwayat chat saja, tapi juga media yang tersimpan di dalam chat, seperti gambar, video dan juga audio.

Fitur cadangkan data atau backup ini akan tersinkronasi dengan akun Google Drive sebagai penyimpannya. Fitur ini akan sangat membantu pengguna ketika ingin ganti smartphone android baru, dimana riwayat chat dan juga kontak akan dipulihkan secara otomatis dengan mengambil data yang sudah dicadangkan tadi.

Tapi sayangnya, ada banyak pengguna yang mengeluhkan soal kuota penyimpanan yang disediakan di Google Drive yang hanya maksimal 15GB. Ini tentu akan menyulitkan pengguna yang ingin melakukan backup data Whatsapp dengan kapasitas datanya yang cukup banyak dan lebih besar dari itu. Terlebih lagi saat di Google Drive pengguna sudah tersimpan banyak data lain, seperti video, foto dan file lainnya.

Sekarang Backup Data WhatsApp Tidak Memakan Kuota Ruang Google Drive

Sekarang Backup Data WhatsApp Tidak Memakan Kuota Ruang Google Drive

Menanggapi keluhan dari para pengguna mengenai kuota penyimpanan di Google Drive untuk mencadangkan data, pihak WhatsApp akhirnya menjalin kerja sama dengan Google selaku pemilik layanan Google Drive. Kerja sama tersebut menghasilkan kabar yang begitu menggembirakan, yakni fitur backup atau cadangkan data di aplikasi WhatsApp ini tidak akan lagi menghabiskan kuota ruang di Google Drive. Meskipun demikian, data WhatsApp yang dibackup tersebut tetap tersimpan dengan aman di Google Drive.

Kebijakan terbaru ini dari WahtsApp ini bisa anda nikmati mulai tanggal 12 November 2018 mendatang. Jadi, anda masih perlu bersabar untuk menantikan waktu tersebut. Selain itu, kebijakan terbaru ini hanya berlaku untuk pengguna aplikasi WhatsApp Android, tidak untuk pengguna IOS. Ini dikarenakan aplikasi WhatsApp di IOS tidak menggunakan Google Drive sebagai layanan penyimpanannya, melainkan menggunakan iCloud.

Sekarang Backup Data WhatsApp Tidak Memakan Kuota Ruang Google Drive

Menurut Google, ada beberapa pengguna yang bisa menikmati pembaruan mode penyimpanan cadangan chat atau media WahtsApp ini sebelum waktu yang sudah ditentukan. Pengguna yang termasuk dalam hal ini adalah mereka yang melakukan backup atau cadangkan data WhatsApp secara manual sebelum tanggal 30 Oktober 2018 mendatang.

Baca juga : Trik Mudah Mengetahui Orang yang Diam-Diam Melihat Foto Profil WhatsApp Kita

Tapi sayangnya, data riwayat chat dan media WhatsApp ini akan tersimpan di Google Drive tanpa adanya perlindungan dari enkripsi end-to-end, seperti keamanan komunikasi yang digunakan pihak WhatsApp pada platformnya tersebut.

Hadirnya kebijakan penyimpanan riwayat chat dan media WhatsApp yang tidak mengurangi kuota ruang di penyimpanan Google Drive tentu akan lebih memudahkan pengguna untuk hal pencadangan. Mereka tak perlu takut lagi kuota penyimpanan di Google Drive untuk menyimpan backup data WhatsApp penuh atau kehabisan. Yang demikian ini juga akan membuat pengguna lebih setia menggunakan WhatsApp.

Sekarang Backup Data WhatsApp Tidak Memakan Kuota Ruang Google Drive

Baca juga : Trik Mudah dan Cepat Menyadap WhatsApp Tanpa Ketahuan

Beberapa aplikasi chatting android yang ada saat ini memang selalu berlomba-lomba memberikan pembaruan yang semakin memanjakan pengguna. Tujuan utamanya yakni agar mereka senantiasa menggunakan aplikasi buatan mereka. Namun hal ini ternyata berbanding terbalik dengan nasib aplikasi BBM, yang mana semakin hari peminatnya terus berkurang. Aplikasi tersebut kalah dengan aplikasi chatting lain, salah satunya adalah WhatsApp ini.

Itulah tadi informasi mengenai fitur backup data WhatsApp yang mana sekarang tidak lagi menghabiskan kuota ruang penyimpanan di Google Drive. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password