Tidak Perlu Khawatir Berkendara Dengan Fortuner di Malam Hari Dengan Automotive Night Vision!

Automotive Night Vision

Styleintech.com – Berkendara di malam hari tentu membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Salah satu faktornya adalah karena jarak pandang pengemudi di malam hari lebih terbatas. Salah satu teknologi yang akan dibahas dan sangat efektif membantu memperjelas pandangan Anda di malam hari adalah automotive night vision.

Berawal Dari Teknologi Night Vision

Automotive Night Vision

Istilah night vision tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Fungsinya jelas untuk menampilkan gambaran yang lebih jelas di malam hari pada penglihatan Anda. Dan fitur night vision biasanya diaktifkan melalui device seperti kacamata (thermal google). Nah, Automotive night vision adalah fitur night vision yang ditambahkan di mobil Anda lewat kamera thermographic. Teknologi ini pertama kali dipakai di mobil Cadillac Deville pada tahun 2000. Fungsi automotive night vision jelas untuk membantu pengemudi melihat keadaan di jalan yang sangat gelap dan jika kondisi cuaca sangat buruk.

Serba-Serbi Automotive Night Vision

Automotive Night Vision

Perangkat automotive night vision terdiri dari display dan kamera yang biasanya terpasang di belakang rearview mirror mobil. Ada tiga tipe display yang berfungsi memberikan tampilan automotive night vision dari kamera thermographic. Yaitu instrument cluster yang berbentuk LCD berukuran serupa head unit dengan resolusi tinggi. Navigation system yang sekaligus menampilkan peta. Dan di kaca depan mobil melalui teknologi head-up display. Umumnya yang dijual di aftermarket adalah tipe yang pertama. Kedua tipe berikutnya biasa terpasang di mobil-mobil eksklusif semacam BMW, Mercedes Benz, dan lainnya.

Automotive Night Vision

Berikutnya ada dua tipe automotive night vision yaitu sistem aktif dan sistem pasif. Bedanya terletak pada pemakaian lampu infrared sebagai tambahan. Sistem aktif memakai lampu infrared sedangkan sistem pasif tidak. Sistem pasif hanya menangkap radiasi yang terpancar  langsung dari objek di luar mobil. Masing-masing dari sistem tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri. Kelebihan dari sistem aktif adalah bisa menghasilkan tampilan beresolusi tinggi dan tentunya lebih jelas daripada sistem pasif. Namun kamera di sistem pasif bisa menangkap gambar dari jarak 300 meter. Sedangkan pada sistem aktif hanya bisa menangkap gambar lebih pendek – sekitar 150-200 meter.

Beberapa vendor menyertakan alarm yang berfungsi ketika tiba-tiba ada hewan yang lewat di depan mobil atau orang yang menyebrang jalan. Jika Anda sedang berkendara dengan Fortuner di malam hari dan melewati jalan yang minim penerangan, teknologi ini jelas sangat membantu. Ketangguhan Fortuner untuk dibawa pergi jauh semakin tidak diragukan lagi jika teknologi ini dipasang.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password