Benarkah Asteroid Seukuran Rumah Bakal Melintasi Bumi Oktober 2017 Nanti?

asteroid seukuran rumah

Styleintech.com – Ini benar nggak sih asteroid seukuran rumah bakal berpapasan dengan bumi pada bulan Oktober 2017, tepatnya tanggal 12 nanti? Seperti yang kita tahu bahwa jaraknya memang cukup dekat sekali, akan tetapi tidak akan ada ancaman yang menakutkan kok dari asteroid tersebut terhadap bumi. Jadi, meskipun nantinya akan melintasi bumi, Anda tak perlu takut atau pun khawatir.

Kami lansirkan dari The Guardian, bahwa batu luar angkasa tersebut bakal melintas dengan jarak kurang lebih 44 ribu km dari bumi. Posisi tersebut sekitar 8 kali lebih jauh jika dibandingkan dengan jarak bumu ke bulan. Lintasannya ada di bagian luar orbit satelit geostasioner terjauh yang jaraknya sekitar 36 ribu km.

Baca juga : Amazing, Planet Jupiter Memiliki 69 Jenis Bulan

Apa Benar Tak Ada Kemungkinan Asteroid Seukuran Rumah Menghantam Bumi?

Detlef Koschny dari divisi riset objek dekat bumi mengatakan bahwa memang benar tak akan ada kemungkinan objek ini akan menghantam bumi, bahkan tak akan ada bahaya yang berarti. Asteroid tersebut diberi nama 2012 TC4. Dimana penampakannya terlihat pertama kalinya ketika melintasi bumi pada bulan Oktober 2012 lalu dengan jarak 2 kali lebih jauh daripada yang sekarang. Ukuran asteroid ini mempunyai panjang sekitar 15 – 30 meter dan bergerak dengan kecepatan hingga 14 km per detik.

asteroid seukuran rumah

Objek ini memang tidak akan membahayakan bumi, akan tetapi bila ada objek lainnya sebesar TC4 masuk ke atmosfir, maka efek yang akan dihasilkan bakal sama seperti fenomena yang sudah pernah terjadi di Chelyabinsk, Rusia. Di tahun 2013 lalu ada sebuah meteroid yang berukuran sekitar 20 meter menghantam atmosfir dan terjatuh di Chelyabinsk. Energi kinetik pun akhirnya meledak, dan menghancurkan sekitar 5 ribu gedung dan melukai setidaknya 1.200 orang.

Tapi, untungnya objek yang masuk ke Chelyabinsk tersebut adalah meteorid, bukanlah asteroid. Meteorid ini merupakan potongan dari komet dan umumnya terbuat dari materi dingin. Sementara itu asteroid sendiri adalah bahan padat umumnya terbuat dari senyawa besi dan tak mudah meledak ketika ada di atmosfer.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang asteroid seukuran rumah bakal melintasi bumi Oktober 2017 nanti. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password