Apple Diprediksi Salip Microsoft untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah

Apple Diprediksi Salip Microsoft untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah

Selama berdekade-dekade, angka pencapaian aneka perangkat komputer dan gadget buatan Microsoft seperti PC, tablet 2-in-1, dan ponsel selalu lebih banyak dari produk-produk serupa buatan Apple. Namun hal tersebut agaknya bakal segera berubah.

Lembaga riset pasar Gartner memprediksi angka pencapaian perangkat Apple yang mencakup komputer berbasis Mac OS dan gadget mobile iOS akan melewati Microsoft untuk pertama kalinya pada 2017.
Pada tahun-tahun berikutnya, Gartner memperkirakan angka pencapaian perangkat Apple bakal lebih jauh meninggalkan Microsoft, sebagaimana diilustrasikan dalam grafik yang dirilis oleh lembaga tersebut.

Meski sempat mengalami penurunan pada 2016, menurut estimasi Gartner, pencapaian produk-produk Apple akan kembali tumbuh pada 2017 hingga mencapai angka 268 juta, sementara pencapaian perangkat Microsoft diperkirakan sebesar 252 juta unit.

Selisih pencapaian antara produk Apple dan Microsoft diprediksi akan melebar hingga mencapai 27 juta unit pada 2019 mendatang. Pencapaian produk Apple tersebut bakal diproyeksikan terus tumbuh dari 2017 hingga 2019, sementara Microsoft relatif stagnan.

“Pasaran perangkat secara global mengalami stagnansi,” komentar analis Gartner Ranjit Atwal, sebagaimana dirangkum dari Neowin, Selasa (10/1/2017). “Pasaran PC disaat sekarang ini hampir mendekati titik terendah.”

Meski diprediksi bakal melewati Microsoft, mengenai jumlah pencapaian market perangkat komputer dan gadget Apple sebenarnya masih jauh di bawah Android yang menjadi penguasa pasar. Dari 2,3 miliar perangkat yang dipasarkan pada 2016, misalnya, Apple hanya dapat menguasai 11,2 persennya saja.

1 Comment

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password