5 Aplikasi Untuk Guru yang Bikin Mengajar Makin Mudah

Aplikasi Untuk Guru yang Bikin Mengajar Makin Mudah

Styleintech.com – Kemajuan teknologi hendaknya disikapi secara positif, terutama di dalam dunia pendidikan. Aplikasi untuk guru banyak dibuat supaya proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah semakin mudah dan menyenangkan. Sehingga, para siswa pun dapat menerima materi pelajaran yang diberikan secara utuh.

Meskipun sudah banyak aplikasi untuk guru yang dikembangkan, namun ternyata masih belum banyak pengajar yang memanfaatkannya dengan baik. Hal ini membuat manfaat yang bisa diperoleh aplikasi-aplikasi yang ada menjadi kurang optimal. Nah, berikut ini adalah rangkuman dari beberapa aplikasi untuk guru yang bisa bikin mengajar makin mudah :

Aplikasi Untuk Guru yang Bikin Mengajar Makin Mudah

1. Google Classroom

screen-shot-2015-01-14-at-11-35-43-am.png

Google memang dikenal sebagai perusahaan yang peduli dengan perkembangan pendidikan. Satu dari sekian banyak aplikasi andalan Google di bidang ini adalah Google Classroom. Seperti namanya, Google Classroom menyediakan layanan kelas gratis untuk sekolah maupun pengajar secara pribadi.

Dengan menggunakan perangkat lunak tanpa iklan ini, guru bisa memberikan tugas serta memeriksa tugas tersebut yang telah dikirimkan oleh siswanya. Bahkan, guru juga dapat memberikan nilai secara langsung dari aplikasi ini sehingga siswa bisa mengetahui tanpa perlu keluar dari aplikasi. Ini sangat berguna jika guru menghendaki manajemen tugas siswa agar tertata lebih rapi.

Baca juga : Aplikasi Pendidikan di Android Terbaik Bikin Kamu Makin Pintar

2. ZipGrade

maxresdefault-6.jpg

Pengoreksian ujian yang menggunakan pilihan ganda seringkali mengalami kesalahan. Ditambah lagi, seringnya siswa harus menunggu nilai yang bisa mereka peroleh dalam waktu yang tidak sebentar. Hal ini berakibat pada pekerjaan guru yang semakin menumpuk.

Atas dasar masalah itulah Zipgrade diciptakan. Dengan menggunakan Zipgrade, siswa bisa langsung menerima penilaian ataupun melihat skor tes tepat setelah mereka selesai mengerjakan. Pemindaian ini dilakukan tanpa perlu menggunakan mesin scantron. Cukup menggunakan kamera dari ponsel pintar, siswa bisa langsung mengetahui nilai tugas. Mudah bukan?

Baca juga : Ingin Pintar Matematika? Pakai Aplikasi Ini Aja!

3. Kaizena

kaizena-in-action.png

Masalah lain yang timbul dalam proses belajar mengajar adalah respon untuk tugas-tugas esai. Jika tugas pilihan ganda bisa langsung dipindai melalui smartphone dengan menggunakan Zipgrade, bagaimana dengan tugas-tugas esai? Ternyata, Kaizena punya jawabannya.

Degan menggunakan Kaizena, guru dapat memberikan respon untuk tugas esai dengan menggunakan media suara. Siswa dapat mendengarkan komentar tugasnya persis pada kalimat yang dimaksudkan oleh guru. Aplikasi ini juga sudah mendukung integrasi ke dalam GoogleDocs sehingga siswa tidak perlu menginstal banyak aplikasi lainnya.

4. Emaze

rsz_1emaze_1.jpg

Meskipun terdengar mudah, membuat slide presentasi sebenarnya merupakan hal yang cukup menyita waktu dan menguras tenaga. Padahal, slide presentasi ini menjadi penting karena lewat halaman demi halaman itulah yang nantinya akan dilihat oleh para siswa.

Dengan menggunakan Emaze, guru dapat membuat presentasi menarik yang bisa diingat dan diterima dengan baik oleh para siswa. Yang membuatnya menjadi atraktif adalah penggunaan teknologi HTML 5 di dalam penyusunan presentasi ini sehingga hasil yang disajikan bisa lebih hidup.

Baca juga : Daftar Aplikasi Belajar Online di Smartphone Android Terbaik

5. PlagScan

plagscan-dokument-liste.png

Di zaman yang serba digital ini, berbagai macam informasi sangat mudah sekali didapatkan. Di satu sisi, hal ini bisa mempermudah siswa dalam mencari jawaban dari soal-soal yang diberikan oleh guru. Namun di sisi lain, tersebarnya informasi yang tidak terbendung membuat plagiarisme menjadi sangat sulit untuk dihindari.

Aplikasi untuk guru yang bernama PlagScan menjawab persoalan ini dengan memberikan guru kemampuan untuk melakukan pengecekan hasil jawaban siswanya. Dengan menggunakan aplikasi ini, tugas-tugas yang dituliskan oleh siswa akan dengan mudah terlacak sumber salinannya jika memang mereka melakukan plagiarisme. Hal ini akan membuat penilaian tugas siswa lebih objektif.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi untuk guru yang bisa bikin proses belajar mengajar jadi makin asyik. Dengan menggabungkan metode belajar konvensional dengan kemajuan teknologi yang ada, harapannya para guru serta siswa itu sendiri jadi semakin nyaman untuk terus berproses menjadi pribadi yang semakin pintar.

 

Dapatkan berbagai tips dan berita menarik dan terbaru seputar teknologi dengan cara mengisi form dibawah ini!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password