5 Aplikasi Keamanan di Android Biar Smartphone Tetap Aman

Aplikasi Keamanan di Android Biar Smartphone Tetap Aman

Styleintch.com – Seiring banyaknya orang yang menggunakan smartphone berbasis Android, semakin banyak pula virus-virus yang berusaha menjangkitinya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa ada sekelompok orang tertentu yang menggunakan cara-cara tidak baik untuk kepentingan pribadi. Dalam hal ini, membuat virus untuk ditanamkan ke smartphone milik orang lain.

Sehingga, penting bagi kita untuk melakukan pencegahan terhadap tindak-tindak seperti yang sudah disebutkan di atas. Salah satunya adalah dengan memasang aplikasi keamanan di smarthphone. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi keamanan di Android yang patut kamu pertimbangkan untuk diinstall :

Aplikasi Keamanan di Android Biar Smartphone Tetap Aman

Third Eye

AH-Third-Eye-app_1-1600x1200.jpg

Pernah resah karena smartphone kamu sering dibuka oleh orang-orang yang sebenarnya tidak kamu ijinkan? Rasanya kamu perlu menginstall Third Eye. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menjaga smartphone kita untuk dibuka-buka oleh orang lain meskipun kita tidak berada di dekatnya?

Cara kerja dari Third Eye ini sebenarnya tidak rumit, yang mana aplikasi ini akan mengambil gambar melalui kamera depan setiap kali ada kesalahan dalam pengambilan password smartphone. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kabar setiap kali smartphonemu coba dibuka secara paksa oleh orang-orang tersebut.

App Locker

maxresdefault-3.jpg

Kalian pasti memiliki teman yang suka penasaran dan membuka-buka hal-hal privasi di dalam smartphone. Tentu teman yang seperti ini cukup menyebalkan, karena dia sudah mencoba melewati batas-batas privasi yang kalian miliki. Namun, seringkali kita sendiri merasa sungkan untuk mengingatkan orang tersebut.

Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi keamanan di Android yang bernama App Locker. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi-aplikasi tertentu yang kita inginkan dengan menggunakan kata sandi yang kita atur sendiri. Sehingga, teman kita tidak akan bisa membukanya selama dia tidak mengetahui kata sandinya.

Baca juga : Amankan Smartphone dari Berbagai Marabahaya dengan Cara Ini

Message Lock (SMS Lock)

message-locker.png

Kalian pasti juga memilki teman yang suka mengintip percakapan kalian secara diam-diam kan? Meskipun sudah diingatkan, tapi rasa penasaran seringkali lebih dominan dalam hal ini. Sehingga mereka tetap melakukannya meskipun kita sudah melarangnya.

Kali ini aplikasi keamanan di Android yang bisa kamu gunakan adalah Message Lock. Meski memiliki nama lain SMS Lock, tapi aplikasi yang bisa dikunci tidak hanya SMS saja. Kita juga bisa memasukkan aplikasi perpesanan lainnya ke dalam daftar penguncian supaya tidak dibuka sembarangan oleh orang lain.

MalwareBytes

Malwarebytes-android-share.jpg

Smartphonemu sering terkena virus-virus jahat? MalwareBytes bisa menjadi solusi yang pas untuk memperbaiki hal tersebut. Aplikasi ini menjadi sangat populer karena ketangkasanya dalam melawan malware.

Selain untuk melindungi smartphone dari malware, aplikasi ini juga mampu membentengi smartphone dari serangan Spyware serta Trojans. MalwareBytes ini cukup ringan untuk digunakan. Namun memiliki performa seperti antivirus yang terkenal lebih dulu, yaitu Avast.

Baca juga : Lebih dari Sekadar Antivirus, Inilah Aplikasi untuk Amankan Smartphone Kamu

Android Device Manager

use-android-device-manager-find-wipe-lock-your-android-phone-tablet.w1456.jpg

Kehilangan smartphone merupakan momen yang sangat buruk. Selain kehilangan barang, kita juga tentunya bakal kehilangan data-data penting yang ada di dalam smartphone tersebut. Bahkan bisa jauh lebih buruk jika ternyata data-data tersebut digunakan untuk kepentingan lain oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kalian bisa menggunakna Android Device Manager di smartphone. Sehingga, jika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, kalian bisa mengaktifkan fitur di aplikasi ini dari smartphone lainnya. Aplikasi ini mampu mendeteksi keberadaan smartphone hingga menghapus semua data di smartphone tersebut.

Demikian beberapa aplikasi keamanan di Android yang layak kamu pertimbangkan untuk di install. Tentu ada banyak aplikasi keamanan lain yang bisa digunakan. Sehingga sebisa mungkin, pahami betul cara kerja dari aplikasi keamanan tersebut. Karena, bisa jadi ada aplikasi keamanan yang justru menjadi jalan masuk bagi virus-virus itu sendiri.

 

Dapatkan berbagai tips dan berita menarik dan terbaru seputar teknologi dengan cara mengisi form dibawah ini!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password