7 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Pasti Ampuh

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Pasti Ampuh

Styleintech.com – Apakah Anda sering melihat tampilan putih tiba-tiba muncul ketika berselancar di dunia maya lewat browser ponsel? Itulah yang disebut dengan pop up iklan android. Kemudian Anda berniat mencari cara menghilangkan pop up di android Anda. Pada dasarnya materi yang ditemukan seperti ini tergolong pada jenis adware, yaitu sebuah iklan sponsor di balik perangkat lunak yang digunakan.

Memang istilah adware ini lebih umum diarahkan pada perangkan lunak komputer meskipun pada dasarnya cara kerjanya tidak begitu berbeda. Sebelum mengetahui cara menghilangkan pop up iklan di android, ada baiknya jika memahami terlebih dahulu dari sifat adware yang terkandung di dalamnya.

Berikut 2 Jenis Adware yang Perlu Diketahui

1. Adware sebagai sponsor

Seperti diuraikan pada paragraf sebelumnya bahwa adware jenis ini tidak berbahaya, meskipun sering membuat kesal pengguna aplikasi di android karena pemilik aplikasi sedikit “memaksa” para penggunanya untuk melihat iklan demi suplai penghasilan bagi pembuat aplikasi untuk kelangsungan pengelolaan aplikasi tersebut.

Apabila Anda pernah memasang program pada komputer Anda, pasti Anda pernah menemukan lembar persetujuan sebelum Anda memasang program tersebut yang di dalamnya mengandung adware si pembuat program. Dengan kata lain, pop up iklan pada android tidak jauh berbeda cara kerjanya dengan program yang ada pada komputer. Hanya saja aplikasi android tidak menyertakan lembar persetujuan begitu gamblang seperti yang muncul pada layar komputer karena pengguna aplikasi Android dianggap setuju mengikuti aturan si pembuat aplikasi ketika pengguna memasang aplikasi tersebut.

2. Adware sebagai virus

Pop up iklan jenis adware ini biasanya muncul begitu sering secara brutal dan terindikasi mengandung virus, yaitu spyware. Spyware sendiri merupakan skrip yang disisipkan oleh pembuatnya untuk memata-matai aktivitas korbannya. Ada yang bertujuan menggali informasi tentang minat dan kecenderungan korban terhadap suatu produk untuk kemudian dijadikan sebagai data target market. Pada tataran yang lebih ekstrem, pembuat spyware akan membajak sandi dan data penting lainnya seperti kartu kredit, internet banking, dsb.

Setelah memahami dua jenis pop up iklan tersebut. Anda boleh memutuskan dan mencari cara menghilangkan pop up iklan di android Anda.

Berikut Ini 7 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android dengan 7 langkah

1. Restart ponsel

Ada beberapa iklan yang muncul karena membuka situs tertentu, biasanya kursor sulit dikeluarkan dari browser. Maka cara menghilangkannya, Anda bisa mencoba merestart ponsel Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan cara yang lebih kompleks.

Baca juga: 5 Aplikasi Antivirus Android Terbaik untuk Smartphone Kamu

2. Memasang anti virus

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android dengan Anti Virus

Jika merestart ponsel Anda tidak membuat pop up iklan tersebut hilang, Anda boleh melakukan langkah kedua. Yaitu memasang anti virus yang sudah tersedia begitu banyak di Google Play Store. Salah satu aplikasi yang cukup ampuh adalah Dr. Web Security Space atau aplikasi anti virus yang direkomendasikan Google seperti Malwarebytes. Lakukan pemindaian pada folder sistem, biasanya menjadi salah satu cara yang cukup ampuh.

3. Menghidupkan Google Play Protect

Tahap yang ketiga ini merupakan lebih tepatnya cara pencegahan terpasangnya virus secara otomatis dikarenakan ada dugaan skrip virus pada sistem android. Sebelum semakin parah, aktifkan Google Play Protect yaitu sebuah fitur dari Google untuk menyaring aplikasi yang akan dipasang ke ponsel android Anda.

Cara kerjanya hampir sama dengan anti virus pada umumnya, bedanya Google Play Protect bekerja di dalam Play Store itu sendiri. Adapun cara mengaktifkannya sebagai berikut:

  • Klik menu berlogo tiga garis di pojok kiri atas
  • Geser ke bawah, temukan menu “Play Protect”
  • Aktifkan “Scan Device for Security Threats”

4. Mematikan notifikasi

Apabila Anda merasa bahwa pop up iklan di andorid selalu muncul setelah membuka situs tertentu, maka masuk kembali ke browser terakhir Anda gunakan, matikan notifikasi browser tersebut. Misalnya Chrome, cara mematikannya sebagai berikut:

  • Masuk ke Chrome
  • Klik menu berlogo tiga titik di pojok kanan atas
  • Pilih “setting”
  • Pilih “site setting”
  • Klik “notification”
  • Kemudian klik matikan

5. Mencopot pemasangan aplikasi

Cara menghilangkan pop up iklan di android selanjutnya adalah mencopot pemasangan aplikasi yang dianggap mengandung virus tersebut. Kemudian lakukan pemindaian folder dengan pembersih sampah, baik dengan aplikasi bawaan yang telah tersedia di ponsel tersebut ataupun memasangnya terlebih dahulu dari Google Play Store. Jika dirasa memori tak cukup banyak, maka Anda dapat mencopot pemasangannya kembali setelah menggunakan aplikasinya.

6. Mengembalikan ke pengaturan awal

Langkah yang keenam ini merupakan salah satu cara menghilangkan pop up iklan di android tahap lanjutan. Maksudnya, apabila Anda telah mencoba lima langkah sebelumnya namun virus tak kunjung hilang. Maka dengan sangat terpaksa, Anda harus mengatur ulang ponsel android ke pengaturan awal (factory reset). Jangan lupa untuk menyalin semua data Anda sebelum benar-benar melakukannya.

Baca juga: Amankan Data! Ini 4 Aplikasi Backup Data Android yang Bisa Digunakan Tanpa Root

7. Memasang ulang firmware

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android dengan install ulang firmware

Sebagaimana urutannya, langkah ketujuh ini merupakan cara terakhir. Biasanya dilakukan karena ponsel yang terjangkit virus telah mengalami gagal sistem seperti bootloop, stuck logo, dsb. Tahap ini sering juga disebut dengan flashing, yaitu memasang ulang firmware ponsel android Anda. Mungkin tidak semua orang mampu melakukannya. Mau tidak mau ponsel android Anda harus rawat inap alias ditangani oleh teknisi ahli.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan pop up iklan di android. Semoga membantu Anda dalam menangani ponsel yang telah terjangkit virus tersebut. Sebagai pencegahan, hindari klik pop up iklan yang mencurigakan pada browser atau notifikasi bohong pada browser. Biasanya merupakan peringatan “Android Anda terjangkit virus” karena notikasi tersebut hanyalah “jebakan batman” dari pelaku untuk korbannya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password