Trik Ampuh Perbaiki Memory Card yang Tak Terbaca atau Rusak

Trik Ampuh Perbaiki Memory Card

Styleintech.com – Kartu memori eksternal atau kartu SD card adalah salah satu perangkat yang pastinya akan selalu dibutuhkan di smartphone. Meskipun sekarang sudah ada banyak sekali gadget yang gunakan memori internal yang besar, tapi memori eksternal tetaplah dibutuhkan untuk menyimpan data – data.

Pernah gak sih smartphone mengalami memori yang tidak terbaca atau damage? Bila iya, pastinya akan sangat sulit sekali buat Anda untuk memindahkan data – data yang ada didalamnya. Ditambah lagi data tersebut sangat berarti buat Anda. Untuk mengatasi hal ini kami akan berikan trik ampuh perbaiki memory card untuk Anda. Silahkan simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Trik Ampuh Perbaiki Memory Card yang Tak Terbaca atau Rusak

Trik Ampuh Perbaiki Memory Card

Bersihkan kartu memori dari kotoran

Keluarkan memori card dari gadget Anda, lalu bersihkan bagian lempengan tembaga dengan penghapus pensil warna putih. Pastikan saat membersihkannya tidak terlalu keras agar lempengan tembaganya tidak terkelupas. Bila sudah, masukkan kembali kartu memori ke dalam slotnya dan periksa apa kartu memori tersebut sudah terbaca atau belum.

Baca juga : 4 Hal Penting Harus Kamu Periksa Sebelum Beli Kartu Memori

Format kartu memori dari smartphone

Silahkan Anda buka menu Settings lalu Storage. Pada menu ini Anda bisa memilih Erase SD card. Dengan memilih menu tersebut maka memori akan diformat untuk buat memori bersih jadi seperti baru.

Cek kerusakan dari PC atau komputer

Anda bisa menghubungkan gadget dengan PC atau komputer menggunakan kabel data. Jangan lupa juga pastikan Android Anda dengan mode Mass Storage Mode, buka media transfer mode atau MTP. Setelah itu buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada Drive kartu memori dan pilihlah Properties – Tools – Error Checking, dan tunggu hingga prosesnya selesai. Kemudian lanjutkan Eject pada memori tersebut dan cek apa sudah terbaca atau belum. Jika memang masih belum terbaca juga, maka langkah terakhir adalah dengan memformat menggunakan PC atau komputer.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang trik ampuh perbaiki memory card yang tak terbaca atau rusak. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password