Tips Tepat Isi Baterai Smartphone

Tips Tepat Isi Baterai Smartphone

Bagi sebagian besar pengguna smartphone mengeluh dengan performa baterai yang sangat boros. Ironisnya, hanya segelintir yang benar-benar dapat merawat baterai.

Sama halnya seperti manusia, baterai juga perlu Anda rawat supaya selalu sehat. Berikut salah satu tips tepat isi baterai smartphone paling sederhana untuk menjaga stamina baterai Anda adalah dengan men-charge smartphone Anda dengan tepat.

Ya, mengisi daya smartphone bukan hanya sekedar memasukkan kabel charge ke port USB. Pengguna harus mengenali waktu yang tepat untuk mengisi daya.

Jangan sampai membiarkan ponsel semalaman Anda biarkan masih dalam kondisi mengisi daya. Pasalnya, sama halnya seperti manusia, baterai juga bisa kenyang daya. Ketika kekenyangan daya, maka performanya pun akan menurun.

Menurut engineer senior di Motorola, Mark Carlson, pengguna smartphone sebaiknya mengisi baterai ketika menuju kosong supaya tidak mengganggu performa smartphone.

Jangan sampai benar-benar kosong karena sama saja dengan memberi makan untuk manusia yang benar-benar telah mati. Jangan pula mengisi daya ketika baterai masih setengah penuh karena sama saja dengan memberi makanan manusia ketika masih dalam keadaan kenyang.

“Baterai pada kondisi 10 persen akan menyerap daya lebih cepat dibandingkan ketika kondisinya 50 persen,” ujar Carlson.
Menurut Carlson, mengisi daya yang berlebihan alias overcharging akan berpengaruh pada usia baterai yang menjadi lebih pendek. Selain itu, mengisi daya juga jangan terlalu sering. Lagi-lagi sesuaikan dengan kebutuhan.

Dikarenakan, baterai memiliki batasan daya atau charge limit. Apabila sudah melampaui batasan tersebut, maka performa baterai pun akan menurun.

Pengguna smartphone seyogyanya mengisi baterai ponsel dalam kondisi 10 persen dan membiarkannya terisi hingga 100 persen. Siklus itu akan terhitung satu kali.

Jika pengguna menge-charge ponsel dalam keadaan 50 persen lalu mencabutnya saat 100 persen, siklus tersebut terhitung satu kali padahal proses [engisiannya cuma 50 persen. Mekanisme ini kurang efisien.

Demikian tips tepat isi baterai Smartphone Anda. Semoga bermanfaat !.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password